Lembang Zona Merah COVID-19, Semua Objek Wisata di KBB Ditutup!

Penutupan berlaku selama 7 hari

Bandung Barat, IDN Times - Masuknya Kabupaten Bandung Barat (KBB) ke dalam zona merah berdampak pada laju sektor wisata. Pemerintah Daerah KBB menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait penutupan seluruh objek wisata di Bandung Barat selama sepekan ke depan.

Berdasar peta sebaran COVID-19, Kecamatan Lembang menjadi wilayah dengan jumlah kasus COVID-19 terbanyak. Sementara itu, Lembang juga menjadi magnet wisata yang menarik kunjungan luar kota.

1. Surat edaran penutupan obyek wisata segera terbit

Lembang Zona Merah COVID-19, Semua Objek Wisata di KBB Ditutup!Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan. (IDN Times/Bagus F)

Pelaksana Tugas Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan, selama dua pekan berturut-turut wilayah Bandung Barat masuk ke dalam zona merah. Untuk itu, demi mengurangi risiko penularan COVID-19 yang lebih luas Pemkab bakal menutup sementara operasi obyek wisata.

"Kami akan buat surat edaran ke setiap kecamatan hingga desa untuk menutup tempat wisata baik yang berbayar maupun tidak. Karena untuk menghindari adanya kerumunan," ujar Hengky, Rabu (16/6/2021).

2. Operasi kerumunan bakal lebih masif

Lembang Zona Merah COVID-19, Semua Objek Wisata di KBB Ditutup!Shutterstock

Untuk meredakan kasus COVID-19 di Bandung Barat, Hengky sudah menginstruksikan kepada jajarannya untuk lebih masif melakukan operasi kerumunan massa. Pesta pernikahan maupun kegiatan yang mengundang kerumunan massa bakal ditindak.

"Operasi yustisi lebih gencar lagi, kerumunan yang melibatkan banyak orang seperti hajatan dan yang lainnya tolong dipantau dan diberikan pengertian agar masyarakat memahami kondisi KBB saat ini," tuturnya.

3. Semua objek wisata tutup hingga 23 Juni

Lembang Zona Merah COVID-19, Semua Objek Wisata di KBB Ditutup!instagram.com/infojawabarat

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bandung Barat Heri Partomo menyebutkan, surat edaran itu akan diterbitkan per hari ini, Rabu 16 Juni 2021. Dalam surat edaran itu, objek wisata diminta menghentikan sementara seluruh operasinya selama tujuh hari sampai tanggal 23 Juni 2021 mendatang.

"Sesuai instruksi dari gubernur agar wilayah yang zona merah yakni Kabupaten Bandung dan KBB agar menutup aktivitas tempat wisata selama tujuh hari ke depan. Mulai berlaku (penutupan) itu sebetulnya hari ini," kata Heri.

Baca Juga: Dilema Wisatawan di Tengah COVID-19, Hotel Sudah Dipesan tapi Dilarang

4. Bandung Raya Siaga 1 COVID-19

Lembang Zona Merah COVID-19, Semua Objek Wisata di KBB Ditutup!Obyek wisata Farmhouse, Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Keputusan untuk menutup obyek wisata ini seiring dengan diumumkannya Siaga 1 COVID-19 di Bandung Raya. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar wisatawan atau pengunjung dari luar kota khususnya Jakarta tidak dulu masuk ke wilayah Bandung Raya.

Penutupan obyek wisata ini bukanlah kali pertama dilakukan. Sedikitnya, Pemkab Bandung Barat sudah menutup obyek wisata sebanyak tiga kali semenjak Pandemi COVID-19 melanda. Dalam kurun waktu sebulan terakhir, obyek wisata sudah sempat ditutup pada tanggal 7 sampai 21 Mei atau sepekan sebelum Idul Fitri lalu.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Wisatawan Jakarta Tak Masuk Bandung Raya

Baca Juga: COVID-19 Melonjak Tajam, Ridwan Kamil Tarik Rem Darurat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya