Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Kota Bandung Sudah Capai 51.224 Orang

Target vaksinasi anak di Kota Bandung sampai 223 ribu

Bandung, IDN Times - Vaksinasi anak 6-11 tahun di Kota Bandung sudah mencapai 51.224 orang. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat, jumlah itu baru mencapai 22.9 persen dari target yang sudah ditentukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Capaian kami untuk vaksinasi anak ini di 51.224 anak, dari target kami 223 ribu, nah itu baru sekitar 22.9 persen dari populasi anak yang diminta oleh pemerintah pusat," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani Apip, Sabtu (1/1/2022).

1. Seluruh anak usia enam tahun di Kota Bandung sudah diizinkan mendapatkan vaksinasi COVID-19

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Kota Bandung Sudah Capai 51.224 OrangIlustrasi anak-anak (IDN Times/Aryodamar)

Dari capaian itu, Rosye mengatakan, vaksinasi anak di Kota Bandung digelar di beberapa lingkungan sekolah, mulai dari SD, pesantren, hingga TK B. Adapun dosis vaksin yang diberikan pada anak-anak merupakan tahap I.

"Kalau data dari Disdik mah, sekolah itu ada 400-an lebih. Intinya, mereka yang berusia enam tahun sudah bisa, tapi kita berbasis sekolah menyisirnya," ucapnya.

2. Pemkot Bandung akan percepat vaksinasi anak

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Kota Bandung Sudah Capai 51.224 OrangIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwi Agustiar)

Untuk vaksinasi tahap pertama ini, Rosye bilang, Pemkot Bandung akan menargetkan selesai pada awal tahun 2022. Apalagi, dikatakan Rosye, saat ini merupakan momentum yang tepat karena siswa sekolah tengah berlibur.

"Pada bulan Desember ini sekolah banyak yang libur, kalau Januari ini kecepatannya sih harusnya lebih cepat dari dua minggu yang terakhir," katanya.

3. Vaksinasi anak tidak bisa disamakan dengan orang dewasa

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Kota Bandung Sudah Capai 51.224 OrangIlustrasi anak-anak (IDN Times/Sunariyah)

Disinggung soal kendala yang terjadi di lapangan, menurut Rosye, tidak bisa disamakan dengan vaksinasi tahap satu pada orang dewasa dan kelompok lanjut usia. Sebab, ia menjelaskan, vaksinasi COVID-19 pada anak bersamaan dengan imunisasi.

"Itu jarak dari vaksinasi yang rutin dan vaksinasi COVID-19 yang ini harus ada jarak antara dua minggu sampai empat minggu. Mungkin itu kendalanya," ujarnya.

4. Belum ditemukan laporan gejala medis dari orangtua

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Kota Bandung Sudah Capai 51.224 OrangIlustrasi anak-anak (IDN Times/Ayu Afria)

Sedangkan untuk laporan gejala medis dari anak yang sudah mendapatkan dosis pertama vaksinasi COVID-19, Rosye menjelaskan, Dinkes Kota Bandung belum mendapatkan adanya aduan dari orangtua.

"Sejauh ini alhamdulillah belum ada kendala berarti, dalam artian anak-anak juga support-nya luar biasa dari guru, orangtua juga, mereka tidak ada yang melarang," kata dia.

Baca Juga: Vaksinasi Anak di Kabupaten Bandung Baru Dilakukan di 3 Kecamatan

Baca Juga: Iriana dan Istri Wapres Kompak Tinjau Vaksinasi Anak di Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya