Vaksinasi Anak di Kabupaten Bandung Baru Dilakukan di 3 Kecamatan

Imbas dari belum tercapainya 70 persen vaksin dosis pertama

Kabupaten Bandung, IDN Times – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mulai melaksanakan program vaksinasi anak untuk usia 6-11 tahun. Namun, dari 31 kecamatan baru ada 3 kecamatan di daerah Kabupaten Bandung yang melaksanakan vaksinasi anak tersebut, yaitu Kecamatan Nagreg, Rancabali, dan Kertasari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana mengatakan, sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan pemerintah pusat, terkait vaksinasi anak usia 6-11 tahun, baru dapat dilaksanakan di daerah dengan capaian vaksinasi 70 persen dan  ditambah capaian vaksinasi bagi lansia sudah menyentuh angka 60 persen.

"Baru 3 kecamatan yang memenuhi syarat dari pemerintah pusat tersebut," ujar Grace Mediana, saat kepada wartawan, di Soreang, Kabupaten Bandung, pada Rabu (29/12/2021).

1. Kendala lainnya sebaran dosis vaksin untuk lansia belum menyentuh 60 persen

Vaksinasi Anak di Kabupaten Bandung Baru Dilakukan di 3 KecamatanIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Grace Mediana pun mengungkapkan, sebetulnya untu di Kabupaten Bandung, selain 3 Kecamatan yang sudah melaksanakan vaksinasi anak, ada pula 7 kecamatan yang telah mencapai target vaksinasi dosis pertamanya 70 persen.

“Selain tiga kecamatan tadi, yang sudah melaksanakan vaksinasi anak, ada juga Kecamatan Pasirjambu, Kecamatan Ciwidey, Kecamatan Cikancung dan Kecamatan Solokanjeruk yang sudah mencapai 70 persen capaian vaksinasi dosis pertama”, kata Grace Mediana.

Namun karena capaian vaksinasi kepada lansia di empat kecamatan tersebut belum menyentuh angka 60 persen, sehingga di kecamatan tersebut pun akhirnya masih belum bisa dilakukan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun.

2. 410.910 anak usia 6-11 tahun akan menjadi target sasaran di Kabupaten Bandung

Vaksinasi Anak di Kabupaten Bandung Baru Dilakukan di 3 KecamatanSumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Adapun terkait jumlah sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Bandung, Grace Mediana mengatakan, ada 410.910 anak usia tersebut yang akan menjadi target sasaran dalam pelaksanaan vaksinasi itu.  

“Untuk di Kabupaten Bandung itu, ada sebanyak 410.910 anak pada usia tersebut”, tutur Grace Mediana.

Oleh karenya itu dirinya pun meminta kepada masyarakat untuk ikut berperan menyukseskan program tersebut, dengan ikut serta mendorong angka ketercapaian vaksinasi dosis pertama yang masih perlu digenjot hingga saat ini.

3. Proses pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 bekerja sama dengan pihak sekolah

Vaksinasi Anak di Kabupaten Bandung Baru Dilakukan di 3 KecamatanSumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Selain itu Grace Mediana mengatakan, dalam proses pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Bandung dilakukan dengan kerja sama dengan pihak sekolah juga. Hal tersebut tentu untuk memudahkan proses penyuntikan, dibanding harus mendatangi satu persatu anak.

"Pelaksanaannya dilakukan di sekolah. Jadi bisa lebih lancar," kata Grace Mediana.

Dengan adanya program vaksinasi anak usia 6-11 tahun itu, dirinya berharap kedepannya akan terjadi herd immunity di kalangan pelajar, khususnya di lingkungan pendidikan dasar.

4. Pelaksanaan vasksinasi harus menjadi komitmen pemerintah dan semua kalangan

Vaksinasi Anak di Kabupaten Bandung Baru Dilakukan di 3 KecamatanSumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Sementara Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, pelaksanaan vaksinasi  merupakan wujud komitmen dan tanggung jawab pemerintah daerah dalam upaya penanganan COVID-19 di Kabupaten Bandung, khususnya untuk anak usia 6-11 tahun.

“Vaksinasi ini menjadi salah satu upaya kami dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Seperti kita tahu, PTMP (Pertemuan Tatap Muka Terbatas) bagi anak usia delapan tahun sudah dimulai. Walaupun dijalankan dengan protokol kesehatan, tentu orang tua tetap khawatir akan adanya penyebaran virus dan timbulnya cluster di sekolah,” tutur Dadang Supriatna.

Selain itu, guna menukseskan vaksinasi anak ia pun mengimbau kepada para guru dan pihak Sekolah di Kabupaten Bandung untuk terus mensosialisasikan pentingnya vaksinasi bagi anak, dirinya juga mengajak orangtua agar membawa anaknya untuk ikut dan mensukseskan program tersebut.

Baca Juga: Target Vaksinasi COVID-19 Anak di Bandung Capai 223.175 Orang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya