Urusi Desa Tertinggal, Ridwan Kamil Dapat Penghargaan Kemendes PDTT

Desa di Jabar akan diberikan tambahan pendanaan

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil meraih penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Emil dinilai sebagai gubernur yang mendorong percepatan pembangunan desa.

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengatakan, Pemprov Jabar berhasil mengentaskan desa tertinggal dan sangat tertinggal. Sehingga, saat ini di Jabar hanya terdapat desa yang berstatus berkembang, maju, dan mandiri.

"Ini akan berkonsekuensi kepada pendanaan yang meningkat seiring meningkatnya status desa," ujar Abdul berdasarkan keterangan resminya, Rabu (19/10/2022).

1. Kementerian akan berikan pendanaan untuk optimalisasi desa

Urusi Desa Tertinggal, Ridwan Kamil Dapat Penghargaan Kemendes PDTT(Ilustrasi desa) ANTARA FOTO/Jojon

Abdul menjelaskan, banyak persepsi yang menyatakan jika desa berstatus mandiri atau maju, maka akan berkurang pendanaannya. Hal ini, kata dia, tidaklah benar. Desa maju akan tetap dapat pendanaan untuk optimalisasi pemberdayaan.

"Desa mandiri atau maju akan mengembangkan ekonomi warga dan peningkatan kesejahteraan, sehingga pada desa mandiri justru fokus pada pemberdayaan masyarakat bukan hanya pembangunan desa," ungkapnya.

2. Apresiasi diberikan tidak hanya piagam, tapi juga lencana

Urusi Desa Tertinggal, Ridwan Kamil Dapat Penghargaan Kemendes PDTTRuda Afgani

Menurutnya, upaya Jabar dalam mengentaskan masalah desa tertinggal layak diapresiasi. Sejumlah program juga sudah diberikan secara maksimal, agar bisa berdaya dan mengejar ketertinggalan.

"Kementerian Desa memberi apresiasi bukan hanya piagam, tapi ada lencananya untuk memberikan bukti kepada masyarakat. Lencana itu dipakai saat ngantor dan kegiatan seremonial," ucapnya.

3. Pemprov Jabar sudah berikan banyak program untuk desa

Urusi Desa Tertinggal, Ridwan Kamil Dapat Penghargaan Kemendes PDTTIDN Times/Humas Jabar

Wagub Jabar Uu Ruzhanul mengatakan, pembangunan desa di Jabar diberikan dalam program Desa Digital, One Village One Product (OVOP), Petani Milenial, Desa Wisata, yang terangkum dalam Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

"Memperhatikan desa berarti memperhatikan Kabupaten, berarti memperhatikan pula Provinsi Jabar dengan tujuan Jabar Juara Lahir Batin," katanya.

Kondisi strata desa di Jabar pada 2022 adalah 1.671 desa berkembang, 2.511 desa maju, dan 1.130 desa mandiri, tanpa desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

"Alhamdulillah sudah tak ada desa sangat tertinggal di Jabar, ini juga termasuk peran para bupati/wali kota," kata dia.

Baca Juga: Harga Tempe Naik, Pemprov Jabar: Kedelai Subsidi Sudah Disalurkan

Baca Juga: Pemprov Jabar Belum Pakai IndoVac untuk Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya