Unpad Gelar Vaksinasi COVID untuk 3.152 Mahasiswa dan Tenaga Pendidik

Vaksinasi dilakukan secara bertahap

Bandung, IDN Times - Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar vaksinasi kepada mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan. Kegiatan vaksinasi ini sudah dilakukan sejak, Senin (5/7/2021).

Koordinator vaksinasi Satgas COVID-19 Unpad, Insi Farisa Desy Arya mengatakan, vaksinasi kali ini tidak akan dilakukan secara bertahap di dua lokasi, yaitu Klinik Kesehatan Unpad di Jatinangor serta Klinik Kesehatan Unpad di Jalan Dipati Ukur nomor 46, Kota Bandung.

"Karena kasus COVID-19 sedang tinggi-tingginya, kita batasi (vaksinasi) per hari di setiap klinik 50 orang. Kita juga sudah bagi berdasarkan jam, mulai dari jam 8 sampai 11," kata Insi, dilansir dari keterangan resminya, Selasa (6/7/2021).

1. Vaksinasi dilakukan bertahap guna menghindari kerumunan

Unpad Gelar Vaksinasi COVID untuk 3.152 Mahasiswa dan Tenaga PendidikHumas RS Kanker Dharmais Anjari Umarjiyanto mengikuti vaksinasi COVID-19 (Dok. Pribadi/Anjari Umarjiyanto)

Satgas COVID-19 Unpad mencatat, jumlah mahasiswa dari seluruh jenjang yang sudah mendaftar ikut vaksinasi di Unpad mencapai 3.152 orang. Peserta yang mendaftar merupakan mahasiswa yang berasal dari wilayah Bandung Raya dan Sumedang.

Mengingat angka pendaftar yang banyak, Satgas Covid-19 Unpad secara bertahap akan menyiapkan strategi penyuntikan yang tepat dengan tetap melakukan pembatasan dan pengetatan jumlah pengunjung.

"Kita akan evaluasi setiap minggunya, apakah memungkinkan dilakukan vaksinasi massal, kita lihat kondisi setempat jangan sampai malah bikin klaster baru," katanya.

2. Nantinya akan ada vaksinasi bagi keluarga dosen dan tenaga pendidik

Unpad Gelar Vaksinasi COVID untuk 3.152 Mahasiswa dan Tenaga Pendidik(Ilustrasi) antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Setelah vaksinasi bagi mahasiswa serta dosen dan tenaga kependidikan tahap kedua selesai. Insi mengatakan, Unpad berencana akan membuka vaksinasi bagi anggota keluarga dosen dan tenaga kependidikan.

Adapun kriteria anggota keluarga yang berhak divaksinasi disesuaikan dengan anjuran terbaru pemerintah, yaitu dimulai dari anak usia 12 tahun ke atas.

"Kita prioritaskan untuk mahasiswa dahulu, ke depan Insyaallah semua bisa difasilitasi sesuai kuota vaksin yang kita miliki," jelasnya.

3. Peserta vaksinasi dosis kedua harus membawa KTP dan kartu vaksin dosis pertama

Unpad Gelar Vaksinasi COVID untuk 3.152 Mahasiswa dan Tenaga PendidikIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Adapun persyaratan vaksinasi, bagi mahasiswa bisa langsung mendatangi tempat pendafataran, kemudian melakukan registrasi ulang dan langsung pemberian suntikan vaksinasi pertama.

Sedangkan, untuk pemberian vaksinasi tahap ke dua bagi dosen dan tenaga pendidik, peserta diminta untuk membawa persyaratan administratif seperti KTP dan sertifikat vaksin pertama, makan dan istirahat yang cukup.

"Hingga meyakinkan diri bahwa peserta berada dalam kondisi sehat. Bagi peserta yang memiliki komorbid, disarankan untuk melakukan konsultasi dahulu dengan dokter," tuturnya.

4. Peserta vaksinasi diminta tetap menjalankan protokol kesehatan saat penyuntikan vaksin

Unpad Gelar Vaksinasi COVID untuk 3.152 Mahasiswa dan Tenaga PendidikVaksin COVID-19 Sinovac pada 19 Juli 2020 tiba di Soetta dan langsung dibawa ke Bandung untuk segera mulai Uji Klinis oleh Biofarma dan FK Unpad. Dok. IDN Times/bt

Selain itu, peserta wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat sebelum melakukan vaksinasi, selama vaksinasi, hingga kembali pulang ke rumah. Peserta wajib mengenakan masker medis dan kain, serta menjaga jarak selama mengikuti vaksinasi.

"Jangan lupa membawa hand sanitizer dan alat tulis sendiri agar lebih aman, tidak menggunakan alat tulis bekas dipegang orang lain," kata Insi.

Baca Juga: Genjot Vaksinasi, Stok Vaksin di Jabar Capai Delapan Juta Dosis

Baca Juga: 5.200 Orang Jalani Vaksinasi Massal di Kampus Itenas

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya