Comscore Tracker

Unpad Akan Gelar PTM Terbatas Akhir Oktober 2021

PTM terbatas hanya untuk laboratorium praktik mahasiswa

Bandung, IDN Times - Pembelajaran secara daring di lingkungan universitas sudah berjalan selama satu tahun setengah. Universitas Padjadjaran (Unpad) akan memulai kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas pada akhir Oktober 2021.

Prof. Arief S. Kartasasmita,
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad mengatakan, PTM terbatas akan diterapkan sesuai dengan instruksi Kemendikbudristek mengenai pembukaan kampus secara bertahap di wilayah yang masuk PPKM level 1-3.

"Sementara, pembukaan pembelajaran tatap muka didahulukan untuk kegiatan laboratorium atau praktikum yang membutuhkan perolehan keterampilan (skill acquisition) yang tidak dapat diselenggarakan secara daring," ujar Arief melalui keterangan resminya, Senin (13/9/2021).

1. Sistem daring tetap dilakukan untuk pembelajaran mahasiswa

Unpad Akan Gelar PTM Terbatas Akhir Oktober 2021unpad.ac.id

Sedangkan untuk kegiatan tatap muka di kelas, perkuliahan akan tetap dilakukan secara daring. Arief bilang, untuk dapat mengikuti kegiatan laboratorium atau praktikum dalam kampus, mahasiswa dipersyaratkan mendapatkan izin penuh dari orang tua.

Adapun bagi mahasiswa yang tidak mendapat izin orangtua atau kesulitan transportasi menuju kampus, Unpad tetap memberikan fasilitas praktikum secara daring atau memberikan keringanan untuk menunda kegiatan tersebut di tahun depan tanpa dikenai sanksi dari sisi kredit atau masa studi.

"Syarat lain adalah mahasiswa harus sudah tuntas melakukan vaksinasi dan datanya tercatat pada aplikasi PeduliLindungi. Hal ini diperlukan karena ke depan untuk dapat masuk ke dalam kampus Unpad," ungkapnya.

2. Jumlah mahasiswa yang datang ke laboratorium praktik akan tetap dibatasi

Unpad Akan Gelar PTM Terbatas Akhir Oktober 2021Rumah Sakit Pendidikan (RSP) FK UNPAD

Untuk kesiapan sarana dan prasarana, Arief mengatakan, Unpad akan mengatur jumlah mahasiswa yang berada di laboratorium, serta memadatkan waktu pembelajaran sehingga mahasiswa tidak perlu ada di sekitar kampus Unpad sepanjang semester.

"Kita batasi dengan mengikuti protokol kesehatan. Kita akan atur agar pelaksanaan praktikumnya sekitar 1-2 bulan saja," katanya.

3. Mahasiswa diminta tetap menerapkan protokol kesehatan

Unpad Akan Gelar PTM Terbatas Akhir Oktober 2021bospedia.com

Unpad sudah melakukan rangkaian kegiatan vaksinasi dari 24 Juli hingga 12 September. Selain untuk melindungi mahasiswa, vaksinasi dimaksudkan untuk berkontribusi Unpad dalam mendukung pencapaian kekebalan komunitas (herd immunity).

"Mahasiswa tetap wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mohon disikapi dengan bijak dan bertanggung jawab agar tidak menimbulkan klaster baru di Unpad," kata Arief.

Baca Juga: Pakar Unpad Usul Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Diberhentikan

Baca Juga: Kenalan Sama Salwa Naya Syakirah, Mahasiswi FH Unpad Usia 16 Tahun

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya