Uji Coba Jalur Fly Over Baru di Jalan Jakarta Dimulai Besok

Uji coba dilakukan selama dua hari ke depan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung dan Polrestabes Bandung akan melakukan uji coba jalur di jembatan layang atau fly over baru Jalan Terusan Jakarta - Supratman pada besok Senin (7/12/2020) sampai Selasa (8/12/2020).

Pada Senin, penerapan dengan jalur satu arah diberlakukan pukul 06.00-09.00 WIB dan pada pukul 15.00-19.00 WIB. Sedangkan pada hari Selasa, uji coba untuk dua arah dilakukan pada pukul 06.00-09.00 WIB dan pada pukul 15.00-19.00 WIB.

1. Keputusan uji coba jalur ini sudah berdasarkan keputusan bersama

Uji Coba Jalur Fly Over Baru di Jalan Jakarta Dimulai BesokANTARA FOTO/Galih Pradipta

Menurut Wakasatlantas Polrestabes Bandung AKP Galih Raditya, keputusan pemberlakuan uji coba dua metode jalur untuk fly over baru ini sudah berdasarkan hasil koordinasi beberapa pihak terkait. Sehingga, ia mengaku, keputusan jalur pasti masih belum ditetapkan.

"Kita lakukan uji coba dahulu. Baru nanti akan kita pilih mana yang terbaik untuk masyarakat Kota Bandung," ujar Galih dalam keterangan resminya, Minggu (6/12/2020).

2. Fly over baru ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan

Uji Coba Jalur Fly Over Baru di Jalan Jakarta Dimulai BesokIlustrasi Infrastruktur (Jalan Tol) (IDN Times/Arief Rahmat)

Selama uji coba, Polrestabes Bandung akan melihat kondisi arus lalu lintas dari kendaraan yang melewati fly over yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum itu. Adapun semua keputusan akan ditetapkan berdasarkan hasil evaluasi uji coba ini.

"Kita akan hitung dahulu beban arus dan jumlah kendaraan dan kecepatan yang melintas. Sehingga nanti dengan adanya fly over ini dapat membantu aktivitas masyarakat Kota Bandung dan mengurangi beban jalan yang lain," tuturnya.

3. Hari pertama akan diberlakukan satu arah

Uji Coba Jalur Fly Over Baru di Jalan Jakarta Dimulai BesokIlustrasi fly over (Dok.IDN Times/istimewa)

Sedangkan Pimpinan Proyek Fly Over Jalan Jakarta, Khairul Rizal mengatakan ia telah menurunkan tim untuk menyurvei persiapan uji coba penggunaan fly over pada Jumat 4 Desember 2020.

"Nanti hari pertama pelaksanaan dengan pola satu arah kami lakukan juga survei yang sama dan di titik yang sama. Begitu juga hari kedua pola dua arah," ungkapnya.

4. Kontruksi fly over sudah hampir 100 persen

Uji Coba Jalur Fly Over Baru di Jalan Jakarta Dimulai BesokIDN Times/Yogi Pasha

Pengembang proyek Fly Over Jalan Jakarta melalui Project Manager PT Amber Hasa Ranto Sandriaji, mengatakan bahwa saat ini konstruksi untuk bangunan fly over hampir rampung 100 persen. 

"Karena masyarakat sudah menunggu jembatan ini seharusnya setelah uji coba bisa di open traffic. Tetapi nanti kita menunggu hasil rapat pimpinan dahulu," kata dia.

Baca Juga: Demam Sepeda Makin Menjadi, Dishub Kota Bandung Bikin Tiga Jalur Baru

Baca Juga: Masuk Zona Merah, Dishub-Satpol Diminta Tutup PKL Dipatiukur Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya