Total Lestarikan Budaya, Seniman Sunda Asal Subang Diberi Rumah

Pembangunan rumah singgah ini sebagai wadah seniman Subang

Subang, IDN Times - Di banyak daerah di Indonesia, seniman biasanya berkelompok untuk menjadi suatu kekuatan utamanya dalam menyuarakan pendapat. Seperti halnya profesi lain yang kerap membangun aliansi untuk mengedepannkan kepentingannya, seniman pun melakukan hal yang sama.

Seperti kelompok seniman Raksa Jagat  yang hadir di Kabupaten Subang. Mereka cukup aktif menyuarakan kepentingannya, salah satunya guna melestarikan budaya.

Apa yang mereka lakukan kerap mengundan perhatian publik. Maka itu, jangan heran jika mereka baru saja mendapat bantuan dari Kelompok Petani Tebu Bersatu (Petebu) Dukung Ganjar, yaitu sebuah rumah singgah bagi Raksa Jagat.

Rumah singgah itu berdiri di Dusun Kerajan Timur, RT5/RW1, Desa Pasirbungur, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pembangunan dilakukan pada Rabu (20/9/2023).

"Petebu Dukung Ganjar memberikan bantuan rumah singgah kepada anak-anak muda yang dibentuk dalam Raksa Jagat," kata Koordinator Daerah (Korda) Petebu Dukung Ganjar Subang, Rudi Sutandi melalui keterangan resmi, Rabu (20/9/2023).

1. Berharap anak muda setempat bisa lebih kreatif

Total Lestarikan Budaya, Seniman Sunda Asal Subang Diberi Rumah(Istimewa)

Menurut Rudi, hadirnya rumah singgah ini bisa menjadi wadah bagi anak muda di Kabupaten Subang untuk mengasah kreativitasnya. Apalagi, Raksa Jagat merupakan kelompok asal Dusun Kerajan Timur, RT5/RW1, Desa Pasirbungur, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, yang diikuti oleh banyak pemuda.

"Semoga anak-anak muda dibentuk lebih kreatif lagi dalam menjaga alamnya, musiknya, kreativitas seni, dan semua ada di sini. Dipusatkan di rumah singgah ini," katanya.

2. Masyarakat ucapkan terimakasih atas bantuan ini

Total Lestarikan Budaya, Seniman Sunda Asal Subang Diberi Rumah(Istimewa)

Sementara itu, Ketua Pelaksana Seniman Sunda Jagat Raksa Ricky Januar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Petebu Dukung Ganjar yang sudah peduli kepada pihaknya.

"Saya banyak-banyak terima kasih untuk Petebu Dukung Ganjar sudah mau mendukung kami membangun rumah singgah. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk ke depannya," ucap Ricky.

3. Rumah seniman dikhususkan bagi para pegiat kesenian

Total Lestarikan Budaya, Seniman Sunda Asal Subang Diberi Rumah(Istimewa)

Ricky berkata, bantuan pembangunan rumah singgah dari sukarelawan Ganjar Pranowo ini memberikan dampak bagi masyarakat setempat khususnya anak muda.

"Untuk sebagai wadah khususnya untuk Desa Pasirbungur ini masyarakat jadi satu tempat, entah itu dari seniman, seniman musik, olahraga apapun itu jadi satu wadah di rumah singgah," harap Ricky.

Adapun bantuan yang diberikan Petebu Ganjar dalam membangun rumah singgah untuk Jagat Raksa berupa bahan-bahan material bangunan. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Petebu Dukung Ganjar dan diterima oleh Jagat Raksa berserta warga Desa Pasirbungur.

Selain memberikan bantuan pembangunan rumah singgah untuk Jagat Raksa, Petebu Dukung Ganjar juga mengajak warga sekitar untuk bersih-bersih lingkungan dan menyatakan deklarasi dukungan bagi Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Sebut Perlu Ada Penguatan di Tubuh KPK

Baca Juga: Golkar Jabar Tepis Rumor Ridwan Kamil Jadi Bacawapres Ganjar Pranowo

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya