Golkar Jabar Tepis Rumor Ridwan Kamil Jadi Bacawapres Ganjar Pranowo

Partai Golkar pastikan kabar ini hanya isu

Bandung, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil dirumorkan akan maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Dia disebut-sebut akan menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) dari Ganjar Pranowo.

Rumor ini muncul setelah Ridwan Kamil mengatakan bakal menentukan langkah politiknya pada pekan depan. Bahkan, menurut Emil, kabar ini akan menjadi berita besar usai dirinya menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.

"Takdir kami ke mana, kami tidak tahu, tapi insya Allah akan memberikan yang terbaik. Tapi kalau pekan depan ada breaking news ya mohon dimaklumi. Kodenya itu saja," ujar Emi usai pisah sambut jabatan gubernur di Gedung Sate, Selasa (5/9/2023).

1. Ridwan Kamil dipastikan akan tunduk pada partai

Golkar Jabar Tepis Rumor Ridwan Kamil Jadi Bacawapres Ganjar PranowoAirlangga Hartarto bertemu dengan Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar (Instagram.com/airlanggahartarto_official)

Menanggapi rumor ini, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, Tubagus Ace Hasan Syadzily mengatakan, informasi mengenai Ridwan Kamil sebagai bacawapres masih sebatas isu. Menurutnya, Ridwan Kamil masih satu komando bersama Partai Golkar.

"Itu kan baru isu ya. Tentu (akan ikut arahan partai) kan beliau sekarang wakil ketum Partai Golkar," ujar Ace saat dikonfirmasi, Rabu (6/9/2023).

2. Ridwan Kamil dipastikan berkoordinasi dengan Airlangga Hartarto terlebih dahulu

Golkar Jabar Tepis Rumor Ridwan Kamil Jadi Bacawapres Ganjar PranowoAirlangga Hartarto bertemu dengan Ridwan Kamil, Minggu (15/5/2022) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Soal langkah politik Ridwan Kamil ke tingkat Pilpres 2024, Ace menjelaskan, hal itu tentunya akan dikoordinasikan dan diputuskan oleh partai. Sehingga kabar Ridwan Kamil mendampingi Ganjar di pilpres hanya sebatas isu.

"Jadi Pak RK yang saya tahu pasti akan terus berkordinasi dan berkomunikasi dengan Pak Airlangga Hartarto selaku ketua umum Partai Golkar, dalam mengambil langkah politiknya setelah tidak lagi jadi gubernur," katanya.

3. Ridwan Kamil mempercepat keputusan politiknya jelang pendaftaran Pilpres 2024

Golkar Jabar Tepis Rumor Ridwan Kamil Jadi Bacawapres Ganjar PranowoGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Untuk diketahui, rumor Ridwan Kamil maju ke Pilpres 2024 mendampingi Ganjar Pranowo diperkuat berdasarkan pernyataan sebelumnya. Saat itu Emil memastikan baru akan membentuk langkah politik pada Februari 2024.

Dia juga mengatakan pilihan paling rasional maju ke Pilgub Jabar periode kedua atau DKI Jakarta.

"Kalau tanya Pilkada terlalu awal nanti saja di Februari 2024, karena presentase si partainya itu kan belum tahu apa bisa sendiri atau koalisi. Makanya masih panjang ya," katanya, Senin (31/7/2023).

Namun, jelang pendaftaran pasangan Capres 2024 di 19 Oktober 2023, Ridwan Kamil seketika mempercepat pengumuman langkah politiknya pada pekan depan. Sayangnya Emil belum mau menjelaskan apakah pekan depan dirinya benar bakal mendampingi Ganjar Pranowo atau kembali ke dua pilihan sebelumnya.

Baca Juga: PDIP Ungkap Peluang Ridwan Kamil Temani Ganjar di Pilpres 2024

Baca Juga: 4 Kontroversi Ridwan Kamil Selama Menjabat Sebagai Gubernur Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya