PDIP Ungkap Peluang Ridwan Kamil Temani Ganjar di Pilpres 2024

Ridwan Kamil dapatkan persepsi positif dari masyarakat Jabar

Bandung, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengungkapkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil masih berpeluang menjadi Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Menurutnya, Ridwan Kamil dalam membangun Jawa Barat sudah cukup baik. Masyarakat juga dinilainya sangat mengapresiasi kinerja Ridwan Kamil selama menjadi gubernur.

"Tadi saya nanya pada teman-teman di Jabar, bagaimana dengan pak Ridwan Kamil, dari survei menunjukan ada persepsi positif dari masyarakat Jabar terhadap kepemimpinan Ridwan Kamil," ujar Hasto di Savoy Homan, Kota Bandung, Selasa (25/7/2023).

1. Bacawapres Ganjar akan ditentukan oleh partai

PDIP Ungkap Peluang Ridwan Kamil Temani Ganjar di Pilpres 2024Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, Hasto mengatakan, saat ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah masuk partai Golkar. Sehingga, nantinya akan dikoordinasikan bersama antar partai.

"Kami juga bertemu secara intens dengan pak Airlangga, nanti akan disampaikan siapa kira-kira untuk cawapres apakah di dalamnya ada pak Ridwan Kamil dan juga tentu saja pak Airlangga sebagai ketua umum Golkar," ungkapnya.

2. PDIP punya mekanisme memilih Bacawapres

PDIP Ungkap Peluang Ridwan Kamil Temani Ganjar di Pilpres 2024Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Berdasarkan pengalaman Pilpres 2014-2019, kata Hasto, PDIP selalu melakukan penggodokan nama-nama tokoh secara dinamis. Artinya, partai melihat bagaimana sosok kepemimpinan, kepribadian, dan kinerjanya. Setelah itu, ketua umum akan berdialog dengan banyak tokoh.

"Hasilnya akan didialogkan dengan para ketua umum dan tentu saja dengan Presiden Joko Widodo baru nanti diputuskan," katanya.

3. Hasto sempat bilang Ridwan Kamil cocok jadi pendamping Ganjar

PDIP Ungkap Peluang Ridwan Kamil Temani Ganjar di Pilpres 2024Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kritiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Hasto menyebut Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil cocok menjadi pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Pernyataan ini disampaikan lewat pantun dalam groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno yang bakal dibangun di Taman Saparua, Bandung, pada Rabu (28/6/2023).

Pantun Hasto disampaikan saat dirinya memberikan sambutan. Tamu undangan yang datang dan Ridwan Kamil pun kaget mendengar pantun yang disampaikan oleh Hasto. Dalam pantun ini Hasto menyebut Ridwan Kamil cocok menjadi Bacawapres Ganjar.

"Kang Emil memang kaya prestasi. Memajukan Jabar penuh karya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi. Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini," kata Hasto disambut riuh tamu undangan.

Selang beberapa lama, Emil kemudian membalas pantun dari Hasto. Dia menyampaikan terima kasih atas pantun Hasto ini. Emil pun sepanjang memberikan sambutan terus tersenyum karena dinilai cocok mendampingi Ganjar Pranowo.

"Burung Cendrawasih, burung bango indah warnanya. Terima kasih Mas Hasto atas pantun-pantunnya," kata Emil.

Baca Juga: Puan Beberkan 5 Bacawapres Ganjar, Ada Andika hingga AHY

Baca Juga: Disebut Bacawapres Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil Tersenyum Manis

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya