Tes Masif COVID-19 di Jabar Bakal Dijaga Ketat Polisi

Polda belum mendapatkan informasi pasti jumlah massanya

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Barat akan melakukan penjagaan terhadap tes masif virus Corona (COVID-19) yang akan digelar oleh Pemprov Jabar di tiga stadion pada Rabu (25/2).

Pengamanan dilakukan lantaran kegiatan tersebut akan mendatangkan kerumunan orang banyak, tiga stadion yang direncanakan akan digunakan adalah Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Patriot Bekasi, dan Pakansari Kabupaten Bogor.

1. Petugas polisi siagakan di setiap stadion

Tes Masif COVID-19 di Jabar Bakal Dijaga Ketat Polisi(Ilustrasi Polisi) Dokumen Humas Polri

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga mengatakan, dilakukannya pengamanan terhadap stadion tersebut lantaran akan mendatangkan kerumunan banyak orang. Sehingga para petugas kepolisian akan disiagakan.

"Terkait dengan pengamanan, tentunya kita akan bantu siapkan, nah karena ini juga mengundang kerumunan massa," ujar Erlangga kepada IDN Times, Selasa (24/3).

2. Proses pengamanan siapkan beberapa prosedur

Tes Masif COVID-19 di Jabar Bakal Dijaga Ketat PolisiIlustrasi polisi (Dok.IDN Times/Istimewa)

Erlangga menambahkan, proses pengamanan akan menerapkan beberapa prosedur, seperti memberi jarak pada antrean dan melakukan pemeriksaan pada warga pada pintu masuk dan keluar lokasi.

"Tentunya ada prosedur yang kita terapkan misalkan di dalam jarak antrean dan sebagainya kan menjadi pertimbangan," ungkapnya.

3. Informasi pasti belum didapatkan Polda Jabar

Tes Masif COVID-19 di Jabar Bakal Dijaga Ketat PolisiKepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Polisi Saptono Erlangga (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sampai saat ini, Erlangga mengatakan, Polda Jabar masih belum mendapatkan informasi pasti dari proses tes masif tersebut. Ia menduga, untuk Kabupaten Bandung akan dihadiri oleh 1.000 warga.

"Karena untuk yang di Kabupaten Bandung sendiri kemungkinan sekitar 1.000 orang, dari perkiraan 1.000, kita kurang lebih nanti pengamanan 50 persen dari yang akan hadir. Kita gandakan," tuturnya.

4. Tes masif merupakan inisiatif dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

Tes Masif COVID-19 di Jabar Bakal Dijaga Ketat PolisiDok.Humas Jabar

Untuk diketahui, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil telah merencanakan akan melakukan tes masif, di mana hal tersebut dilakukan guna mengetahui persebaran COVID-19 di Jabar sekaligus untuk memutuskan mata rantai virus Corona.

Dari tiga stadion yang akan digunakan, masing-masing akan menampung masyarakat dari beberapa daerah yang sudah dinyatakan masuk zona merah, seperti Kota Bandung dan Kota Bogor.

Baca Juga: Kuota 2.000 Tes Masal COVID-19, Pemkot Bandung Dahulukan Tenaga Medis

Baca Juga: Cegah COVID-19, Pemkot Bandung Tutup Sementara Tempat Hiburan Malam

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya