Tampung 33 Ribu Orang, Masjid Al Jabbar Diresmikan Akhir Tahun 2022

Masjid Al Jabbar punya banyak fasilitas pendukung lainnya

Bandung, IDN Times - Masjid Al Jabbar direncanakan diresmikan akhir Desember 2022. Masjid milik Provinsi Jawa Barat (Jabar) ini diperkirakan bisa menampung sebanyak 33 ribu orang.

Sekdis Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar, Iwan Suwanagiri mengatakan, luas area pembangunan masjid Al Jabbar capai 25,997 hektare. Dimana di dalamnya bisa menampung banyak orang.

"Total kapasitas Masjid Raya Al Jabbar ini bisa tampung 33 ribu orang. Itu sudah dari semua fasilitas yang tersedia nantinya," ujar Iwan dalam acara Gaspol PWI Gedung Sate, "Mahakarya Masjid Al Jabbar Karya Religi dan Wisata Halal" di Bandung, Selasa (20/12/2022).

1. Empat spot dihadirkan di Majid Raya Al Jabbar

Tampung 33 Ribu Orang, Masjid Al Jabbar Diresmikan Akhir Tahun 2022Acara Gaspol PWI Gedung Sate, "Mahakarya Masjid Al Jabbar Karya Religi dan Wisata Halal" di Bandung, Selasa (20/12/2022). (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Fasilitas yang nantinya akan disediakan juga Ada banyak. Seperti, Ada selazar, plaza, ruang solat mezanine dan ruang salat utama. Masjid Al Jabbar sendiri berdiri di atas air, masyarakat juga menyebut Masjid Apung.

"Total kapasitas untuk di selasar sendiri bisa mencapai 3.627 orang. Sedangkan untuk plaza bisa mencapai 16.363 orang. Jika digabungkan dengan tempat salat utama dan mezanine bisa mencapai 33 ribu," ucapnya.

2. Akan ada taman dan museum

Tampung 33 Ribu Orang, Masjid Al Jabbar Diresmikan Akhir Tahun 2022antarafoto.com

Beberapa fasilitas di Masjid Al Jabbar juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum. Mengingat, di dalamnya nanti akan ada museum dan dan taman yang bisa dijadikan tempat wisata religi.

"Di dalamnya nanti akan ada beberapa taman dan ada museum, termasuk danaunya," ucapnya.

3. Ridwan Kamil sebut Majid Al Jabbar diresmikan akhir 2022

Tampung 33 Ribu Orang, Masjid Al Jabbar Diresmikan Akhir Tahun 2022antarafoto.com

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, Masjid Raya Al Jabbar akan segera diresmikan. Saat peresmian nantinya juga akan dilakukan langsung oleh dirinya.

"Target akhir bulan diresmikan, sekitar 18 hari lagi, mudah-mudahan (selesai)," ujar Emil saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/12/2022).

Tempat ibadah yang memakan anggaran hingga Rp1 triliun itu menjadi hal yang sangat penting untuk Ridwan Kamil. Sebab, nama Al Jabbar yang disematkan langsung dari usulan dirinya. Emil juga mengartikan nama masjid ini dalam dua hal.

"Ada dua hal, memang ideologi disain dari saya itu dari matematika, yaitu rumus berulang. Dan matematika ini , identik dengan Al Jabar, eh nama provinsinya juga Jawa barat (Jabar)," ucapnya

Baca Juga: Progres 70 Persen, Masjid Raya Al Jabbar Diresmikan Desember 2020

Baca Juga: Potret Pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar di Gedebage

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya