Tahap I PPDB Jabar 2023 Ditutup, Tak Semua Jalur Terpenuhi! 

Kondisi ini disebabkan karena keadaan masing-masing sekolah

Bandung, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) mengevaluasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap pertama untuk SMA, SMK, SLB tahun 2023. Hasilnya, tidak semua jalur yang tersedia di tahap pertama ini terpenuhi.

Adapun beberapa jalur pada tahap pertama ini antara lain jalur Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), kemudian ada kondisi tertentu, perpindahan tugas orangtua atau anak guru, prestasi, dan jalur rapot.

Kepala Disdik Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan, tidak semua sekolah dapat memenuhi kuota jalur-jalur khusus tersebut.

"Itu bagaimana sekolah, ada sekolah yang melebihi dan ada yang belum memenuhi. Jadi sangat tergantung dengan sekolahnya baik dari setiap jalur tidak semua terpenuhi," ujar Wahyu saat dikonfirmasi melalui sambung telepon, Senin (12/6/2023).

1. Kuota jalur tahap pertama banyak yang belum terpenuhi

Tahap I PPDB Jabar 2023 Ditutup, Tak Semua Jalur Terpenuhi! (Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Menurutnya, kondisi SMA, SMK dan SLB di 27 kabupaten dan kota yang ada di Jabar berbeda-beda, sehingga Wahyu belum bisa menyatakan semua jalur tahap pertama terisi.

"Bagaimana sekolahnya terutama di sekolah yang tidak terlalu padat penduduk. Nah itu memang banyak juga yang masih belum terpenuhi. Ini tergantung dengan sekolah masing-masing," ucapnya.

2. Ada juga sekolah yang kuota semua jalurnya terpenuhi

Tahap I PPDB Jabar 2023 Ditutup, Tak Semua Jalur Terpenuhi! Ilustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Di sisi lain, ada pula sederet sekolah di Jawa Barat yang berhasil memenuhi seluruh kuota yang tersedia di tahap pertama PPDB Jabar 2023. Sehingga, kondisi ini akan ditentukan dari pihak sekolah itu sendiri.

"Sangat tergantung dengan sekolahnya. Bahkan du sekolah tertentu itu semua jalurnya terpenuhi dan lebih, tapi ada yang belum terpenuhi. Itu ada," katanya.

3. Hasil tahap pertama akan diumumkan 20 Juni 2023

Tahap I PPDB Jabar 2023 Ditutup, Tak Semua Jalur Terpenuhi! Ilustrasi pendaftaran PPDB.ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Sebelumnya, Wahyu mengatakan, PPDB Jabar 2023 ini dibuka dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu afirmasi, dan tahap kedua ialah zonasi. Adapun untuk tahap pertama ini dibuka pada 6-10 Juni 2023. Setelah itu siswa dilakukan tes uji kompetensi dan dan hasil kelulusan diputuskan pada 20 Juni 2023.

Sedangkan, untuk tahap zonasi sendiri akan dimulai pada 26-30 Juni 2023. Untuk tahap pertama ini, kata Wahyu, pendaftar sudah mencapai jumlah ratusan ribu siswa.

"Untuk jumlah pendaftar tahap I (PPDB Jabar 2023) itu ada 317.531 siswa, terdiri dari SMA 55,3 persen, SMK 44,7 persen," ujar Wahyu.

Baca Juga: Pendaftar PPDB Jabar 2023 Sudah Capai 47.500 Orang di Hari Pertama

Baca Juga: PPDB Jabar 2023 Tahap Pertama Ditutup, Total Pendaftar Capai 317 Ribu 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya