Survei Capres 2024 SMRC: Ridwan Kamil Salip Prabowo dan Anies

Tapi Ridwan Kamil hanya unggul di kandang sendiri

Bandung, IDN Times - Survei Saiful Muzani Research and Consulting (SMRC) menyatakan bahwa Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil masih unggul di kandang sendiri untuk calon presiden 2024 pilihan warga Jabar.

Nama Emil kemudian disusul oleh Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Manajer SMRC, Saidiman Ahmad, menunjukkan bahwa dalam pertanyaan top of mind atau jawaban spontan, Ridwan Kamil mendapatkan dukungan 13 persen.

"Setelah itu disusul dengan Anies Baswedan 12,2 persen, Prabowo Subianto 12 persen, dan Ganjar Pranowo 10,7 persen," ujar Saidiman melalui keterangan resminya, Rabu (16/2/2022).

1. Ridwan Kamil dapat dukungan tertinggi

Survei Capres 2024 SMRC: Ridwan Kamil Salip Prabowo dan AniesIDN Times

Saidiman bilang, selain para tokoh dan gubernur yang saat ini namanya digadang-gadang bakal maju dalam kontestasi Pilpres 2024, nama-nama tokoh lain hanya mendapatkan dukungan di bawah 3 persen. Di sisi lain ada pula 43,2 persen warga Jawa Barat yang belum menentukan pilihan.

"Bahkan dalam simulasi empat nama calon, Ridwan Kamil masih mendapat dukungan paling tinggi sebesar 22,2 persen, disusul Prabowo Subianto 21,9 persen, Anies Baswedan 19,3 persen, dan Ganjar Pranowo 17,8 persen. Yang tidak tahu atau tidak menjawab 18,8 persen," katanya.

2. Ada beberapa yang masih belum puas dengan kinerja Ridwan Kamil

Survei Capres 2024 SMRC: Ridwan Kamil Salip Prabowo dan AniesANTARA/Chairul Rohman

Berdasarkan pandangannya, menguatnya dukungan pada Ridwan Kamil selaras dengan tingkat kepuasaan warga atas kinerja Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jabar. Namun, ada juga beberapa warga Jabar belum puas dengan kinerja Emil.

"Mayoritas responden SMRC sebanyak 77 persen mengaku sangat atau cukup puas dengan kinerja Ridwan Kamil. Yang kurang atau tidak puas 19 persen dan ada 5 persen yang tidak menjawab," ungkapnya.

3. Nasdem Jabar sebut nama Emil masuk dalam pertimbangan partai

Survei Capres 2024 SMRC: Ridwan Kamil Salip Prabowo dan AniesRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sedangkan, Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa mengatakan Ridwan Kamil masuk dalam radar partainya untuk diusung sebagai Capres 2024, di samping Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut apakah Emil akan diusung penuh atau seperti apa. "Tiga nama ini ada dalam pertimbangan Partai Nasdem, kapan diputuskannya? Nanti di tahun 2023,” kata dia.

Baca Juga: Pegiat Ekonomi Tasikmalaya Dukung Ridwan Kamil Maju Jadi Capres 2024

Baca Juga: Ridwan Kamil Ngaku Belum Banyak Modal untuk Capres 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya