Setelah Hiburan Malam, Pemkot Bandung akan Izinkan Tempat Bermain Anak

Tetapi, Satgas akan melihat dulu nih protokol yang diberikan

Bandung, IDN Times - SSetelah memberikan relaksasi kepada pengusaha hiburan dunia malam, Pemerintah Kota Bandung saat ini berencana memberikan izin kepada tempat bermain anak selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Hal tersebut dilihat dari keseriusan Pemkot Bandung yang telah meninjau protokol kesehatan di dua mal besar pada Senin (31/8/20020).

Meski sudah ditinjau, Sekertaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Harian Gugus Tugas Kota Bandung, Ema Sumarna mengaku, belum yakin tempat bermain anak di pusat perbelanjaan modern atau mal buka selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) .

1. Protokol kesehatan diharapkan diterapkan semaksimal mungkin

Setelah Hiburan Malam, Pemkot Bandung akan Izinkan Tempat Bermain Anak(Simulasi event band selama AKB Kota Bandung) Humas Pemkot Bandung

Pria yang akrab disapa Ema tersebut mengaku khawatir, jika tempat bermain diizinkan beroperasi, penerapan sosial distancing ditakutkan tidak diterapkan secara tidak maksimal. Ia menilai, anak-anak sangat riskan abaikan protokol tersebut.

"Saya belum bisa meyakini disaat anak berbarengan (bermain), namanya anak saya nanya, costumer usia tiga sampai lima tahun mereka gak paham pandemi," ujar Ema usai meninjau protokol kesehatan tempat bermain anak di dua mal Kota Bandung.

2. Anak masih tidak memahami protokol kesehatan

Setelah Hiburan Malam, Pemkot Bandung akan Izinkan Tempat Bermain Anak

Ema menilai, usia tiga sampai lima tahun umumnya masih memiliki rasa senang saja kesana-kesini dan memegang benda a dan b. Sehingga dikhawatirkan hal tersebut justru membuat anak terdampak virus corona.

"apa bisa mengontrol? Ngapain anak dibawa (ketempat bermain) tujuannya dilarang. Lintasan di benak saya seperti itu," ungkapnya.

3. Akan ada rapat terbatas pada jumat pekan ini

Setelah Hiburan Malam, Pemkot Bandung akan Izinkan Tempat Bermain Anak

Meski demikian, Ia mengaku akan melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas hasil peninjauan tempat bermain anak di dua mal Kota Bandung.Menurutnya, dalam rapat terbatas, nanti akan ada beberapa pembahasan lain termasuk pembukaan tempat bermain anak.

"Jumat ini, jadi akan ratas, poin yang akan disampaikan mengenai kunjungan saat ini tentang mainan anak, belum diizinkan di perwal yang ada," ucapnya.

"Nanti dilaporkan kesiapan mereka seperti apa dan catatan seperti apa dan aspek non teknis. Nanti kita memperhatikan dua dimensi kesehatan dan ekonomi," tambahnya.

4. Sejumlah tempat hiburan malam sudah diizinkan beroperasi

Setelah Hiburan Malam, Pemkot Bandung akan Izinkan Tempat Bermain AnakIlustrasi Tempat Hiburan Malam yang ada di Bandung (Dok. istimewa)

Ema menambahkan, tempat hiburan anak-anak bukan merupakan objek orang dewasa yang mengerti protokol kesehatan COVID-19. Sehingga ketakutan tersebut wajar dirasakan pemerintah untuk melindungi anak-anak agar bebas dari virus corona.

"Misal di Paskal orang masuk 15 orang lalu ada area permainan banyak saya belum bisa meyakini disaat anak berbarengan namanya anak," katanya.

Seperti diketahui, saat ini Pemkot Bandung sudah melakukan relaksasi pada beberapa sektor tempat hiburan malam. Pada minggu lalu, Pemkot Bandung izinkan 10 temapt hiburan malam beroperasi di tengah pandemik COVID-19.

10 tempat tersebut terdiri dari karoke, club malam dan sejumlah tempat lainnya. Adapun untuk bioskop, saat ini masih belum diizinkan beroperasi.

Baca Juga: Wawalkot Bandung: Izin Operasi Tempat Hiburan Malam Dibuka Hari Ini

Baca Juga: Usai Ditangkap, Jamal Preman Pensiun Drop di Ruhan Polrestabes Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya