Saingan Ketat, Mantan Gubernur Jabar Nyaleg DPR RI di Dapil Favorit

Banyak saingan dari kalangan artis hingga komedian

Bandung, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Barat dua periode, Ahmad Heryawan alias Aher resmi mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI di Dapil 2. Politisi PKS ini optimistis dapat melenggang ke parlemen melalui dapil yang identik dengan sebutan 'dapil neraka' karena ketatnya persaingan.

Adapun Dapil II ini mencangkup wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Dapil ini dipenuhi tokoh-tokoh popular di dalamnya, mulai dari komedian Denny Wahyudi alias Denny Cagur dari PDIP hingga petahana yang juga berlatar belakang artis, Rachel Maryam Sayidina dari Partai Gerindra.

Tak hanya itu, ada pula Dede Yusuf dari Partai Demokrat; eks atlet bulutangkis Taufik Hidayat yang juga maju dari Partai Gerindra; serta beberapa tokoh popular lainnya.

1. Aher tanggapi santai soal dapil neraka

Saingan Ketat, Mantan Gubernur Jabar Nyaleg DPR RI di Dapil Favorit(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menanggapi hal itu, Aher mengatakan, ia tidak masalah bertarung di dapil yang banyak disebut sebagai neraka, karena banyak tokoh populer yang turut memperebutkan kursi ke DPR RI. Aher juga optimistis bisa merebut hati pemilih.

"Santai, gak merasa begitu (Dapil 2 wilayah ‘neraka’). Bagus bagi masyarakat ada pilihan-pilihan yang baik, masyarakat rasional sehingga yang dipilih oleh masyarakat yang terbaik," kata Aher, Selasa (24/10/2023).

2. Aher ingatkan untuk tidak main curang

Saingan Ketat, Mantan Gubernur Jabar Nyaleg DPR RI di Dapil FavoritANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Meski begitu, Aher meminta semua kontestan bisa bersaing secara adil dan sehat, tidak melalui praktik-praktik curang atau politik uang. Selain itu, penyelenggara pemilu juga diharapakan bisa bertugas dengan baik.

"Para tokoh hadir di semua tempat dan kalau gagasannya bagus ya masyarakat banyak pilihan yang penting jangan terjebak money politics. Semuanya demokratis tidak ada kecurangan," ucapnya.

3. Aher berpesan agar KPU bekerja secara adil

Saingan Ketat, Mantan Gubernur Jabar Nyaleg DPR RI di Dapil FavoritIDN Times/Galih Persiana

Lebih lanjut, Aher juga berharap proses pileg nantinya bisa menghasilkan perwakilan rakyat terbaik dari proses pemilihan yang bersih.

"Harus clear, demokratis, langsung, umum, itu prosesnya, dari proses seperti ini mudah-mudahan menghasilkan yang terbaik, karena ketika lahir yang terbaik manfaatnya untuk seluruh bangsa," kata dia.

Di samna, KPU Jabar membagi 11 dapil dengan jatah alokasi kursi sebanyak 91. Sedangkan untuk jumlah Daftar Pemilihan Tetap (DPT), Jabar memiliki hak suara sebanyak 35.714.901 orang.

Adapun khusus untuk wilayah Dapil Jabar II mencakup Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, banyak partai menempatkan kader dari artis hingga atlet di dapil ini agar menarik suara.

Baca Juga: Aher Optimistis Anies-Muhaimin Raih Suara Banyak di Jawa Barat

Baca Juga: Soal Cawapres Anies, Hermawi Nasdem: Bisa AHY, Aher, Sandi, Khofifah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya