Ridwan Kamil Serahkan Izin Pembangunan Gereja Katolik Bekasi

Ridwan Kamil minta kepala daerah percepat izin tempat ibadah

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menyerahkan surat izin pembangunan Gereja Paroki Ibu Teresa Cikarang, Kabupaten Bekasi. Aturan pembangunan gereja juga senapas dengan peraturan perundang-undangan Indonesia.

Penyerahan surat izin ini dikabarkan melalui instagram pribadinya. Emil juga turut menyampaikan selamat pada umat katolik khususnya Kabupaten Bekasi.

"Selamat untuk umat Katolik kabuptaten Bekasi, kemarin kami menyerahkan surat izin pembangunan gereja yang sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujar Emil dikutip, Rabu (12/4/2023).

1. Izin tempat ibadah harus dipercepat

Ridwan Kamil Serahkan Izin Pembangunan Gereja Katolik BekasiGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil juga menyampaikan pesan pada kepala daerah yang ada di Jabar agar tidak memperlambat atau menahan izin dari warga untuk memenuhi kebutuhan beribadah. Adapun jika terdapat masalah, diharapkannya bisa diselesaikan dengan musyawarah.

"Kami meminta para wali kota/bupati untuk selalu mempercepat hak dasar warga dalam beribadah, dan jika ada dinamika secepatnya memediasi," ucapnya.

2. Ibadah merupakan hal yang utama di Indonesia

Ridwan Kamil Serahkan Izin Pembangunan Gereja Katolik BekasiGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, di Indonesia persoalan tentang beribadah masuk pada hal yang paling utama. Hal ini tergambar dalam sila pertama Pancasila, sehingga masyarakat harus turut menghargai perbedaan dan mendukung satu sama lain dalam menjalankan keyakinan.

"Di negeri Pancasila ini, ketuhanan yang maha esa dijadikan sila yang pertama, sehingga jika ada masyarakat yang rajin beribadah tentunya itu bagus sekali, dan kita semua harus mendukung apapun agamanya," ucapnya.

3. Ridwan Kamil ucapkan selamat untuk umat Katolik Kabupaten Bekasi

Ridwan Kamil Serahkan Izin Pembangunan Gereja Katolik BekasiGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Lebih lanjut, Emil menjelaskan, orang bertakwa memiliki sifat adil. Sehingga, para pemimpin dan masyarakatnya harus selalu bersikap adil kepada sesama, walaupun berbeda golongan dan keyakinan.

"Jika sebagian umat islam ada yang pengajian di rumah, di sekolah, di gedung serba guna, di kantor, bahkan terkadang menutup jalan, maka jika ada umat agama lain juga melakukan hal yang sama, tentunya, dgn sikap adil, kita harus permaklumkan juga," katanya.

Terakhir, Emil berharap agar pembangunan gereja bisa cepat selesai dan digunakan untuk beribadah umat Katolik di Kabupaten Bekasi. 

"Sekali lagi selamat untuk umat katolik di Kabupaten Bekasi yang sejak 2014 menunggu hadirnya fasilitas ibadah ini. semoga pembangunan Gereja Paroki Ibu Teresa Cikarang bisa lancar dan cepat selesai," kata dia.

Baca Juga: 9 Masjid Rancangan Ridwan Kamil yang Cocok untuk Wisata Religi

Baca Juga: Ridwan Kamil Targetkan Baznas Jabar Himpun Zakat Rp3,7 Triliun di 2023

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya