Ridwan Kamil Targetkan Baznas Jabar Himpun Zakat Rp3,7 Triliun di 2023

Target ditingkatkan berdasarkan hitungan tahun sebelumnya

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menargetkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat (Jabar) bisa menghimpun dana zakat hingga sadakah sebesar Rp3,7 Triliun di tahun 2023. Target ini diberikan berdasarkan perhitungan tahun sebelumnya.

Emil mengatakan, pada tahun 2022 target zakat melalui Baznas Jabar hanya Rp1,6 Triliun. Namun, hasilnya melampauinya target, yaitu terkumpul hingga Rp2,5 Triliun. Pada tahun ini target juga meningkat.

"Pada 2023 karena ekonomi membaik, COVID-19 sudah surut ditargetkan Rp3,7 Triliun se-Jabar," ujar Emil di usai membayar zakat di Rumah Dinas Gubernur Jabar (Pakuan), Bandung, Senin (10/4/2023).

1. Dana zakat dan sedekah disalurkan ke berbagai program

Ridwan Kamil Targetkan Baznas Jabar Himpun Zakat Rp3,7 Triliun di 2023Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, dana zakat hingga sedekah ini telah disalurkan untuk membantu kaum miskin duafa hingga pembangunan di Jabar. Sehingga, dana zakat sangat penting untuk membantu mensejahterakan masyarakat secara umum di 27 kabupaten/kota di Jabar.

"Sudah disalurkan ke berbagai program, tidak hanya ke kaum duafa tapi juga fisabilillah, inovasi-inovasinya antara lain tahun lalu berhasil membangun klinik geriatri Inggit Garnasih," ungkapnya.

2. Ridwan Kamil sudah selesai membayar zakat

Ridwan Kamil Targetkan Baznas Jabar Himpun Zakat Rp3,7 Triliun di 2023Ridwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Emil menambahkan, Baznas Jabar turut membuat banyak inovasi-inovasi dalam mengumpulkan dana zakat, infaq, dan sedekah dari warga Jabar. Dia juga mendorong agar masyarakat dapat menunaikan zakat maupun sedekah kepada Baznas Jabar.

"Barusan kami memberikan zakat mal, mudahan-mudahan diikuti aparat, PNS dan masyarakat," kata dia.

3. ZIS bantu membangun Jabar melalui berbagai program

Ridwan Kamil Targetkan Baznas Jabar Himpun Zakat Rp3,7 Triliun di 2023internet

Sedangkan, ketua Baznas Jabar, Anang Jauharuddin mengatakan, Baznas akan terus membuat inovasi-inovasi untuk meningkatkan menghimpun dan mendistribusikan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

"ZIS yang ditunaikan di Baznas Jabar dikelola secara Tiga Aman, yaitu Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI," ujar Anang.

Pengelolaan ZIS, kata dia, juga diarahkan untuk membantu membangun Jabar melalui berbagai program di Baznas baik di bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Kemanusiaan, serta Dakwah-Advokasi.

Baca Juga: 9 Momen Ridwan Kamil Kunjungi Rumah Abah Jajang, 3 Jam Naik Motor!

Baca Juga: Almarhum Eril Wisuda, Ridwan Kamil: Dia Anak Baik, Tak Pernah Flexing

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya