Ridwan Kamil Klaim BIJB Kertajati Siap Terbangkan Jemaah Haji

Asrama haji Indramayu juga sudah siap untuk menampung jemaah

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mengklaim Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandar Udara Kertajati sudah siap untuk memberangkatkan jemaah haji tahun ini.

Menurutnya, kesiapan BIJB Kertajati untuk memberangkatkan jemaah haji sendiri sudah sejak lama. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk bisa memberangkatkan jemaah ke tanah suci. Salah satunya akses jalan tol.

"Siap (berangkatkan haji di 2023) kan dari dulu juga siap. Yang tidak siap Tol Cisumdawunya," ujar Emil, Rabu (8/2/2023).

1. Ridwan Kamil sudah rapat dengan Dirjen Haji Kemenag

Ridwan Kamil Klaim BIJB Kertajati Siap Terbangkan Jemaah HajiGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil mengatakan, kendala paling utama BIJB dalam urusan memberangkatkan haji adalah akses jalan tol. Namun, pada dasarnya akses jalan umum sendiri telah ada dan bisa dilalui untuk bisa calon jemaah haji.

"Asrama juga sudah ada di Jabar, rasanya sudah (siap), kan kemarin rapat dengan Dirjen Haji, perbaikannya sedikit yang di Indramayu," kata dia.

2. BIJB Kertajati sudah berangkatkan jemaah umrah

Ridwan Kamil Klaim BIJB Kertajati Siap Terbangkan Jemaah HajiBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Untuk diketahui, BIJB Kertajati baru saja memberangkatkan 378 jemaah umrah pada Sabtu (26/11/2022) siang. Vice President of Corporate Secretary & General Administration PT BIJB, Dian Nurrahman mengatakan, pemberangkatan itu menggunakan pesawat Lion Air.

"Kami berangkatkan 378 jemaah itu berasal dari Ciayumajakuning, sebagian dari Tegal, Brebes, Bekasi dan Jakarta," kata Dian.

3. Maskapai diharapkan bertambah tahun ini

Ridwan Kamil Klaim BIJB Kertajati Siap Terbangkan Jemaah HajiANTARA JABAR/M Agung Rajasa

Dian berharap, BIJB Kertajati bisa terus melayani penerbangan untuk jemaah umrah secara rutin. Maskapai yang akan ikut memberangkatkan jemaah ke tanah suci ini diharapkan juga bisa bertambah, tidak hanya Lion Air. 

"Kami akan melakukan penerbangan berikutnya dengan Garuda dan Lion. Insyaallah kami akan rutinkan, jadwalnya masih perlu disusun," kata dia. 

Baca Juga: Jual Saham BIJB Kertajati ke Asing Dipilih demi Nasib Bandara

Baca Juga: Bandara Kertajati 'Dibeli' Investor Saudi dan India? Ini Kata BIJB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya