Ridwan Kamil Jamin Perayaan Natal 2021 Berlangsung Aman

Personel gabungan akan menjaga gereja saat malam Natal 2021

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) menjamin keamanan gereja dalam perayaan Natal 2021 di wilayah Jabar akan berlangsung aman. Personel TNI dan Polri akan turut berjaga saat malam perayaan natal.

"Dijamin keamanannya personel (personel gabungan) yang lebih dari 170 ribu disiapkan di seluruh Indonesia termasuk Jabar," ujar Emil, Kamis (23/12/2021).

1. Emil minta gereja menggelar perayaan malam Natal 2021 secara hybrid

Ridwan Kamil Jamin Perayaan Natal 2021 Berlangsung Amaninstagram.com/katolik_indonesia

Menurutnya, selain akan ada penjagaan di gereja, Kementerian Agama juga meminta perayaan Natal 2021 digelar secara hybrid. Jemaat akan dibatasi sesuai dengan aturan dari pemerintah pusat.

"Jemaah yang berada di gereja diharuskan sebanyak 50 persen dari total ruangan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran varian Omicron," ucapnya.

2. Aturan dilakukan untuk mencegah varian Omicron

Ridwan Kamil Jamin Perayaan Natal 2021 Berlangsung AmanKronologi Kasus Omicron Pertama yang Ditemukan di Indonesia. (IDN Times/Aditya Pratama)

Peraturan pengurangan kapasitas diharapkan Emil dapat dilaksanakan oleh seluruh jemaat gereja. Adapun untuk yang melaksanakan ibadah di gereja langsung, Emil meminta protokol kesehatan diterapkan secara maksimal.

"Mudah-mudahan ini dipahami dan dipatuhi tanpa mengurangi khidmat ibadah di luar yang melaksanakan ibadah Natal diprediksi akan ada pergerakan," katanya.

3. Pasukan disiapkan dalam pos keamanan

Ridwan Kamil Jamin Perayaan Natal 2021 Berlangsung AmanRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Petugas polisi juga akan melakukan persiapan sebelum malam perayaan Natal 2021. Emil berharap tidak ada peristiwa yang tidak diharapkan terjadi ketika umat Kristiani merayakan Natal 2021.

"Pasukan sudah disiapkan dengan pos keamanan, kemudian dikombinasikan dengan random antigen untuk memastikan bepergian aman," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Lobi Kemenhub Agar BIJB Bisa Beroperasi Lagi

Baca Juga: Begini Jurus Ridwan Kamil Antisipasi Sebaran Virus Omicron di Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya