Ridwan Kamil: Jabar Paling Banyak Aset Warisan Budaya Takbenda di 2022

Jabar masuk tiga besar WBTb paling banyak di Indonesia

Bandung, IDN Times - Sebanyak 19 produk budaya asal Jabar yang ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda  (WBTb) Tahun 2022. Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil menyatakan jumlah ini paling banyak dibandingkan provinsi lain.

Dari 19 WBTb ini berasal dari beberapa daerah di Jabar. Hal ini juga membuktikan bahwa Jabar sangat kaya akan budaya dan akan terus dilestarikan untuk para penerus selanjutnya.

"Dari 19 produk budaya Jabar, salah satunya ada dari Depok, yakni Tari Topeng Cisalak, cikal bakal Tari Topeng Betawi di Jakarta. Jadi begitu kayanya tanah Jawa Barat," ujar Emil usai membuka acara Road To West Java Festival 2023 di Alun-Alun Depok, Kota Depok, Kamis (15/12/2022).

1. Total ada 105 WBTb di Jabar

Ridwan Kamil: Jabar Paling Banyak Aset Warisan Budaya Takbenda di 2022Ridwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sejauh ini sudah ada 105 karya budaya Jabar yang ditetapkan sebagai WBTb Indonesia. Tahun ini, Jawa Barat termasuk tiga besar provinsi yang paling banyak menerima sertifikat penetapan WBTb.

"Selama kami menjabat sudah 81 total ekspresi budaya yang mendapat pengakuan, dan totalnya ada 105. Jadi dari total 105, di zaman saya sebanyak 81. Dari 81 pada tahun ini ada 19," ungkapnya.

2. Hidup tidak hanya mengurus soal perut

Ridwan Kamil: Jabar Paling Banyak Aset Warisan Budaya Takbenda di 2022Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil berpesan, hidup juga perlu mementingkan urusan budaya karena budaya menunjukkan siapa jati diri kita sebagai bangsa Indonesia, juga dengan budaya hidup menjadi lebih indah.

"Artinya, hidup ini tidak hanya urusan perut dan ekonomi, tapi juga urusan budaya karena budaya itu juga menunjukkan siapa kita. Dengan agama hidup lebih terarah, dengan ilmu hidup lebih mudah, dan dengan budaya hidup lebih indah," tuturnya.

3. Emil berharap akan banyak capaian lainnya di sisa akhir jabatan

Ridwan Kamil: Jabar Paling Banyak Aset Warisan Budaya Takbenda di 2022Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Kevin Handoko)

Selanjutnya, Emil berharap di sisa akhir jabatannya yang tinggal delapan bulan lagi dapat merampungkan hal-hal yang belum tercapai supaya bisa terselesaikan untuk Jawa Barat.

"Saya menjabat tinggal delapan bulan, mudah-mudahan di sisa waktu bisa meresmikan, menghadirkan, memfinalkan pencapaian-pencapaian lainnya. Total penghargaan sudah 480, ini menunjukkan banyak perubahan dari berbagai dimensi," kata dia.

Baca Juga: Disparbud Kenalkan Bandara Kertajati Sebagai Gerbang Wisata Jabar

Baca Juga: Perbanyak Event Pariwisata, Disparbud Jabar Belajar dari Bali

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya