Ridwan Kamil Diberikan Banyak Pilihan Usai Gagal Jadi Cawapres

Ridwan Kamil bisa maju Pilgub Jabar periode II atau DKI

Bandung, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Jawa Barat blak-balakan soal nasib mantan Gubernur Ridwan Kamil alias RK tidak terpilih sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pilpres 2024.

Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Barat, MQ Iswara mengatakan, RK banyak diberikan pilihan usai Rapimnas di Jakarta beberapa hari kemarin. Dalam kegiatan itu, Partai Golkar membebaskan RK untuk maju ke Pilgub Jabar periode dua atau DKI Jakarta.

"Jadi rapat pleno kemarin, ketua umum langsung menyampaikan juga bahwa Partai Golkar akan menyerahkan kepada Kang Emil apakah yang bersangkutan akan maju di Pilgub DKI Jakarta atau Jabar," ujar Koswara, Senin (23/10/2023).

1. Partai Golkar serahkan pilihan ke Ridwan Kamil

Ridwan Kamil Diberikan Banyak Pilihan Usai Gagal Jadi CawapresGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dua pilihan itu dikatakan Koswara, langsung disampaikan oleh Ketua Umum, Airlangga Hartarto pada Ridwan Kamil. Sehingga, saat ini Partai Golkar tinggal menunggu keputusan dari mantan Wali Kota Bandung itu apakah akan maju di Jabar periode kedua atau DKI Jakarta.

"Kami menyerahkan kepada yang bersangkutan (Ridwan Kamil). Itu sampaikan di forum resmi di rapat pleno kemarin," ucapnya.

2. Golkar punya kader banyak untuk diusung maju Pilgub Jabar

Ridwan Kamil Diberikan Banyak Pilihan Usai Gagal Jadi CawapresGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Koswara menjelaskan, Partai Golkar sendiri memiliki banyak kader yang bisa diusung dalam Pilgub Jabar dan DKI Jakarta. Ketika Ridwan Kamil memilih maju Pilgub DKI Jakarta, maka masih ada kader lain yang bisa maju bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Jabar itu.

"Saya tidak mau berandai-andai tentang itu, tapi yang pasti Partai Golkar itu partai kader, Insyaallah kami punya tokoh-tokoh (yang disiapkan) kalau Kang Emil maju ke DKI Jakarta," katanya.

3. Partai Golkar mulai siapkan kader

Ridwan Kamil Diberikan Banyak Pilihan Usai Gagal Jadi CawapresGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Lebih lanjut, Koswara memastikan Partai Golkar saat ini sangat fokus pada kaderisasi, apapun pilihan Ridwan Kamil dipastikannya banyak kader yang bisa diusung untuk Pilgub 2024 mendatangkan.

"Iya. Insyaallah, Partai Golkar adalah partai kader, Insyaallah kami menyiapkan kader-kader lain kalau Kang Emil akan maju ke Pilkada DKI Jakarta," kata dia.

Untuk diketahui, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah banyak melakukan manuver untuk maju menjadi cawapres 2024. Dia juga diketahui sudah sempat bertemu dengan Megawati hingga Prabowo Subianto.

Terakhir, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyatakan menunggu pinangan Ridwan Kamil sebagai cawapres. Namun akhirnya partai berlogo beringin ini mengusung Gibran Rakabuming Raka untuk mendampingi Prabowo Subianto.

Baca Juga: 10 Potret Ridwan Kamil dan Istri Kamping di Talaga Bodas, Pacaran Lagi

Baca Juga: Dicari Investor Kondotel Mangkrak Hasil Desain Ridwan Kamil di Cimahi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya