Ridwan Kamil Bakal Tentukan Karier Politiknya Pekan Depan 

Penentuan karier politik lebih cepat dari target sebelumnya

Bandung, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil memberikan bocoran soal penentuan karier politiknya. Emil akan menyampaikan pilihannya pada pekan depan.

Bocoran ini disampaikan Emil saat pisah sambut jabatan di Gedung Sate, Selasa (5/9/2023). Dia juga meminta maaf jika pekan depan akan ada berita besar mengenai langkah politiknya.

"Takdir kami ke mana, kami tidak tahu, tapi insya Allah akan memberikan yang terbaik. Tapi kalau pekan depan ada breaking news ya mohon dimaklumi. Kodenya itu saja," ujar Emil.

1. Emil sebelumnya akan menyatakan sikap pada Februari 2024

Ridwan Kamil Bakal Tentukan Karier Politiknya Pekan Depan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Emil mengatakan, ada beberapa pilihan dalam Pemilu 2024. Pilihan pertama maju kembali dalam Pilgub Jabar periode kedua, dan bisa ke Pilgub DKI Jakarta. Bahkan dirinya bisa maju dalam kontestasi Pilpres.

Namun, saat itu Emil memastikan pilihannya ini akan ditentukan pada Februari 2024. Dengan begitu, ia belum mau membocorkan mana yang akan dipilih.

"Kalau tanya Pilkada terlalu awal nanti aja di Februari 2024, karena persentase si partainya itu kan belum tahu apa bisa sendiri atau koalisi. Makanya masih panjang ya," katanya, Senin (31/7/2023).

2. Emil belum tau keputusan partai akan seperti apa

Ridwan Kamil Bakal Tentukan Karier Politiknya Pekan Depan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Lebih lanjut, Emil mengatakan, setelah berakhir masa jabatan, ia tidak maju dan bertarung dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Dia juga menunggu keputusan partai apakah dirinya didorong untuk maju Pilgub Jabar periode kedua atau DKI Jakarta.

"Restu partai belum ada, karena nanti setelah di bulan Februari (Pileg dan Pilpres 2024). Tapi kalau berbicara hari ini, dua provinsi itu surveinya bagus," ujar Emil di Gedung Pakuan, Kamis (25/5/2023).

3. Ibunda Ridwan Kamil dorong maju di Pilgub DKI Jakarta

Ridwan Kamil Bakal Tentukan Karier Politiknya Pekan Depan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil juga sudah mendapatkan doa dari Ibunda, Tjutju Sukaesih atau Maci agar maju dalam Pilgub DKI Jakarta pada 2024. Dukungan ini disampaikan Maci saat mengunjungi SMAN 1 Tasikmalaya.

Menurut Emil restu dan doa yang disampaikan Maci merupakan sebuah nasehat ibu pada anak. Dia juga tidak menampik apa yang sudah diungkapkan oleh ibunya merupakan pilihan yang rasional di Pemilu 2024.

"Poinnya adalah mana yang terbaik. Kalau memang harus di tempat baru, ya pilihan DKI itu jadi sebuah nasehat, bukan berarti tidak ya karena per hari ini masih di Jabar. Tapi kalau bukan di Jabar yang paling rasional adalah DKI," katanya.

Saat disinggung soal keinginannya apakah mau maju di Pilgub Jabar atau Pilgub DKI Jakarta, Emil belum menjawab secara gamblang. Dia memastikan pilihan itu akan jatuh pada Februari 2024, saat awal berlangsungnya Pemilu serentak.

"(Keinginan pribadi?) Engke Februari we (Nanti Februari saja). Pasti viral," kata dia.

Baca Juga: 4 Kontroversi Ridwan Kamil Selama Menjabat Sebagai Gubernur Jabar

Baca Juga: Ini Profil Bey Machmudin, Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya