Ridwan Kamil Ajak Tenaga Medis Bela Negara Jadi Relawan COVID-19

Relawan disebar ke rumah sakit se-Jabar dan Bandung Raya

Bandung, IDN Time - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mengajak warga Jabar untuk membantu negara dengan menjadi relawan COVID-19. Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar membuka sembilan posisi tenaga medis untuk 400 relawan.

"Mari bergabung bela negara dengan menjadi relawan medis dalam penanggulangan covid untuk Jawa Barat. Program ini dibiayai oleh APBD Pemprov Jawa Barat. Silakan dibaca syarat dan prosesnya melalui pikobar. Semangat," ujar Emil, melalui keterangan resminya di akun instagram pribadinya, Senin (21/6/2021).

1. Bandung Raya menjadi fokus lantaran saat ini dinyatakan siaga satu

Ridwan Kamil Ajak Tenaga Medis Bela Negara Jadi Relawan COVID-19Dok. Humas Jabar

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Jabar, Juanita Paticia Fatima mengatakan, 400 relawan yang mendaftar akan ditempatkan di sejumlah rumah sakit pemerintah khususnya di Bandung Raya. Adapun saat ini wilayah Bandung Raya sudah dinyatakan siaga satu COVID-19.

"Kami membutuhkan lebih dari 400  relawan medis yang akan dialokasikan di berbagai rumah sakit di Jawa Barat, khususnya di Bandung Raya," ujar Juanita.

2. Penambahan SDM kesehatan dibutuhkan untuk menangani lonjakan BOR di rumah sakit

Ridwan Kamil Ajak Tenaga Medis Bela Negara Jadi Relawan COVID-19Ilustrasi tenaga medis. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Untuk posisi relawan yang dibutuhkan, di antaranya yaitu dokter, perawat, nutrisionis, apoteker, tenaga teknis kefarmasian, ahli teknologi laboratorium medik, ahli rekam medis, sanitarian, nutrisionis serta radiografer.

"Rekrutmen relawan medis perlu dilakukan menyusul peningkatan kasus dan keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) se-Bandung Raya," kata Juanita.

3. Tenga kesehatan bisa langsung mendaftarkan diri secara online

Ridwan Kamil Ajak Tenaga Medis Bela Negara Jadi Relawan COVID-19ilustrasi tenaga kesehatan. ANTARA FOTO/Fauzan

Adapun cara mendaftar menjadi relawan kini lebih praktis. Bekerja sama dengan Jabar Digital Service, masyarakat dapat mendaftarkan diri lewat Fitur Daftar Relawan yang ada di aplikasi Pikobar https://www.indorelawan.org/p/pikobar.

Sedangkan, suara yang diperlukan pun tidak merepotkan yakni STR atau sertifikat kompetensi dan keanggotaan BPJS aktif. "Mudah-mudahan makin banyak relawan-relawan yang dapat bergabung untuk pemulihan  pandemi di Jabar," kata dia.

4. Rekrutmen akan ditutup pada 30 Juni 2021

Ridwan Kamil Ajak Tenaga Medis Bela Negara Jadi Relawan COVID-19Ilustrasi Tenaga Medis. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Pikobar selama ini dipakai untuk merekrut relawan COVID-19. Sepanjang 2020, lebih dari 5.000 relawan telah memanfaatkan fitur ini. Sebanyak 619 relawan di antaranya telah berkontribusi sebagai relawan medis, relawan non-medis, serta relawan komunitas  di kota/kabupaten Jabar.

Berkolaborasi dengan www.indorelawan.org, informasi terkait kerelawanan penanganan pandemi di Jabar lengkap dan diperbarui secara berkala dalam sistem terintegrasi Pikobar. Untuk 400 lebih relawan yang dibutuhkan, kata Juanita, kini sudah terdeteksi banyak relawan telah mendaftar dan sedang dalam proses seleksi. Rekrutmen sudah dibuka dan akan ditutup pada 30 Juni 2021.

Baca Juga: Singgung JokPro 2024, Demokrat: Lebih Baik Bentuk Relawan COVID-19

Baca Juga: Pemprov Jabar Siapkan 2.400 Tempat Tidur Baru untuk Pasien COVID-19

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya