Presiden Cabut PPKM, Vaksinasi COVID-19 Tetap Berjalan

Percepatan vaksinasi COVID-19 bakal tetap dilakukan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal tetap melaksanakan vaksinasi COVID-19 meski pemerintah pusat mencabut status PPKM. Tahun depan vaksinasi akan lebih digiatkan secara maksimal.

"Kami di awal tahun akan konsentrasi untuk melakukan percepatan vaksinasi booster tahap pertama dosis 3," ujar Ketua Harian Satgas COVID-19 Kota Bandung, Asep Gufron saat dihubungi, Sabtu (31/12/2022).

1. Vaksinasi di Bandung tinggi dibandingkan daerah lain

Presiden Cabut PPKM, Vaksinasi COVID-19 Tetap BerjalanIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Saat ini Kota Bandung masih mengerjakan vaksinasi untuk mencapai target dari pemerintah pusat dan Pemprov Jabar. Sebelum pencabutan status PPKM, Pemkot Bandung tetap melayani masyarakat untuk disuntik vaksin.

"Bandung sebenarnya persentasenya lebih tinggi di Jabar. Akan menjadi fokus kami. Kalau yang nakes dan lansia, sudah dikatakan Kota Bandung cukup tinggi yang sudah vaksinasi," ungkapnya.

2. Pencegahan COVID-19 harus tetap dilakukan

Presiden Cabut PPKM, Vaksinasi COVID-19 Tetap BerjalanMasyarakat Kota Semarang mendapatkan vaksinasi booster di sentra vaksinasi Tentrem Mal Semarang, Senin (17/1/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Asep menambahkan, sektor pemulihan ekonomi juga akan menjadi fokus Kota Bandung usai dicabutnya masa PPKM. Aturan ini juga nantinya bakal tertuang dalam Perwal baru sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh Kemendagri.

"Iya ini kan Inmendagri 53 penanggulangan dan pencegahan COVID-19 pada masa transisi. Pencegahan harus tetap ada kewaspadaan juga," katanya.

3. Status masih belum normal 100 persen

Presiden Cabut PPKM, Vaksinasi COVID-19 Tetap BerjalanIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sebelumnya, Asep mengatakan, meski saat ini pemerintah pusat telah mencabut status PPKM, namun belum semuanya kehidupan kembali normal, masa transisi pemulihan usai PPKM juga akan diterapkan secara maksimal.

"Belum normal 100 persen, pencegahan penanggulangan COVID-19 kepada masa transisi endemi bahwa COVID-19 belum selesai. Masyarakat (diimbau) masih tetap menggunakan masker," kata dia.

Baca Juga: Atasi Banjir, Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Ciraga

Baca Juga: Pemkot Bandung Uji Coba Penggunaan Delapan Bus Listrik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya