PPA dan POB Berperan Penting Tingkatkan Produktivitas Pertanian Jabar

Gubernur sampaikan Jabar punya paling banyak aliran sungai

Bandung, IDN Times - Petugas Pintu Air (PPA) dan Petugas Operasi Bendung (POB) memperingati Hari Air Dunia tahun 2023. Peringatan hari air ini digelar bersama kegiatan sarasehan di Waduk Darma Kuningan, pada Rabu (15/3/2023).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pemprov Jabar melalui Dinas Sumber Daya Air ini mengambil tema jaga air jaga sanitasi. Turut hadir pula Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Emil yang mana mengatakan, Jabar merupakan provinsi yang aliran sungainya paling banyak di Indonesia.

"Jawa Barat ini menjadi provinsi yang aliran sungainya paling banyak se-Indonesia. Ini berkah, tinggal menjadi manfaat atau tidak menjadi manfaat (sehingga harus dijaga dengan baik)" ujar Emil dalam sambutannya.

1. Berkat PPA dan POB pertanian di Jabar swasembada nasional

PPA dan POB Berperan Penting Tingkatkan Produktivitas Pertanian Jabar(Istimewa)

Emil juga menyampaikan apresiasi terhadap para petugas di pintu air ataupun operasi bendung di seluruh Jawa Barat. Sebab, peran mereka dinilai penting dalam melancarkan perairan di tarar Pasundan.

"Saya juga sangat berterimakasih ke PPA dan POB yang telah bekerja, pada PPA POB semoga Allah memberikahi hidupnya. Berkat anda semua pertanian di Jabar swasembada nasional," ungkapnya.

Dampak positif dari kerja PPA dan POB yakni bisa berperan dalam produktivitas pertanian, termasuk dalam peningkatan produktivitas padi yang bisa surplus 1,3 juta ton per hari.

2. Waduk Darma diharapkan menjadi destinasi unggulan

PPA dan POB Berperan Penting Tingkatkan Produktivitas Pertanian Jabar(Istimewa)

Selain itu, Emil menambahkan, revitalisasi Waduk Darma menjadi bagian dari konsep pembangunan di Jabar yang semakin maju. Dalam proyek ini Pemprov Jabar telah meluncurkan anggaran total Rp30 miliar.

"Diharapkan (Waduk Darma) jadi destinasi wisata unggulan bahkan level internasional. Tidak hanya Kuningan tapi juga Jawa Barat bangga," ucapnya.

3. Layanan sanitasi di masyarakat terus dimaksimalkan

PPA dan POB Berperan Penting Tingkatkan Produktivitas Pertanian Jabar(Istimewa)

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat, Dikky Achmad Sidik mengatakan,peringatan Hari Air Dunia ke-31 ini mengambil tema Jaga Air Jaga Sanitasi.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Dikky mengungkapkan, tahun ini dilakukan percepatan bagiamana layanan air minum sanitasi masyarakat di Jabar terus dioptimalkan.

"Petugas ini tidak mengenal sif, sehingga kerja 24 jam. Selain menjaga pintu air tapi juga berkaitan dengan infrastruktur bagaimana menjaga ketersediaan air sawah di Jabar sehingga capaian produktivitas tanam padi kita terjaga," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tidak Minta Guru SMK Cirebon Dipecat Usai Kritik Dirinya

Baca Juga: Kritik Ridwan Kamil, Disdik Pastikan Tidak Intervensi Pemecatan Guru

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya