Kritik Ridwan Kamil, Disdik Pastikan Tidak Intervensi Pemecatan Guru

Disdik tidak pernah perintahkan pecat Sabil Fadilah

Bandung, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Wahyu Mijaya menegaskan tidak ada perintah memberhentikan Muhammad Sabil Fadilah sebagai guru di SMK Telkom Cirebon.

"Jadi saya tegaskan tidak pernah ada perintah dari Pak Gubernur untuk memberhentikan yang bersangkutan," ujar Wahyu saat dihubungi lewat telepon seluler, Rabu (15/3/2023).

1. Disdik sudah berkomunikasi dengan KCD

Kritik Ridwan Kamil, Disdik Pastikan Tidak Intervensi Pemecatan Guru

Wahyu mengatakan, Disdik Jabar sudah mengonfirmasi kepada pihak Kantor Cabang Dinas (KCD) Cirebon terkait hal ini. Wahyu pun mengecek Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sabil masih tercatat di Disdik Jabar.

"KCD juga komunikasi dengan sekolah dan pada prinsipnya tidak ada arahan perintah untuk memberhentikan. Sebagai bukti, sampai saat ini data dapodik masih tercantum. Di kita dapodiknya masih ada, nanti saya cek lagi," ungkapnya.

2. Guru seharusnya menjadi contoh

Kritik Ridwan Kamil, Disdik Pastikan Tidak Intervensi Pemecatan Guru

Menurutnya, Sabil seharusnya menggunakan bahasa yang baik dalam proses belajar mengajar, keseharian maupun dalam media sosial. Sebab, guru merupakan contoh pada murid-muridnya.

"Ini kewajiban kami di Disdik untuk selalu mengingatkan tenaga pendidik agar menggunakan bahasa yang baik dalam pembelajaran maupun di luar. Karena bisa diikuti oleh para siswa. Mungkin ada diksi lain yang lebih baik untuk digunakan," kata Wahyu.

3. Sabil kritik Ridwan Kamil melalui kolom komentar Instagram

Kritik Ridwan Kamil, Disdik Pastikan Tidak Intervensi Pemecatan Guru

Untuk diketahui, Sabil dipecat usai memberikan kritikan pada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil. Sabil dipecat dengan tiga alasan, salah satunya dianggap melanggar etika guru.

Kasus ini berawal dari postingan Instagram Gubernur Jabar Ridwan Kamil tentang zoom meet bersama para murid SMP di Tasikmalaya yang menabung untuk memberikan sepatu pada temannya, Selasa (14/3/2023). Dalam unggahan ini, Emil terlihat mengenakan jas kuning dan kemeja putih. Dari postingan ini, kemudian Sabil memberikan komentar, yang berisi:

"Dalam zoom ini, maneh teh keur (kamu itu sedang) jadi sebagai gubernur, kader partai, atau pribadi ridwan kamil?".

Setelah postingan ini, Emil kemudian memberikan balasan, dan komtar Sabil juga ditandai, sehingga berada teratas dalam unggahan ini. Emil membalas dengan kalimat seperti balasan pada teman sebaya. Adapun balasan Emil:

"Menurut Maneh Kumaha?"

Baca Juga: Disdik Jabar Dituding Jadi Dalang Pemecatan Guru SMK yang Komen IG RK

Baca Juga: Zoom Bareng Emil, Guru SMK di Cirebon Dipecat Akibat Penggunaan Bahasa

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya