Perketat PSBB, Polda Jabar Cek Kendaraan di Wilayah Perbatasan Jakarta

Semua aturan PSBB oleh Polda Metro Jaya akan dituruti

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat akan mematuhi aturan Polda Metro Jaya perihal pengecekan kendaraan di wilayah perbatasan Jabar-DKI Jakarta pasca diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pada Jumat (10/4).

Hal tersebut disampaikan Polda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi saat memberikan bantuan sembako kepada warga di wilayah kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Senin (13/4).

1. Polda Jabar akan ikuti imbauan Polda Metro Jaya

Perketat PSBB, Polda Jabar Cek Kendaraan di Wilayah Perbatasan JakartaIDN Times/Debbie Sutrisno

Ia menuturkan, sampai saat ini perihal pengecekan kendaraan di wilayah perbatasan Jabar - DKI Jakarta masih dalam koordinasi. Menurutnya, semua hal yang sudah diatur dalam aturan PSBB akan dilaksanakan Polda Jabar.

"Iya nanti kita akan bangun semuanya, kita akan mengikuti apa yang dikerjakan Polda Metro, kita akan lakukan di Jabar," ujar Rudy.

2. Sosialisasi wilayah Bodebek telah dilakukan Polda Jabar

Perketat PSBB, Polda Jabar Cek Kendaraan di Wilayah Perbatasan JakartaIDN Times/Andra Adyatama

Rudy mengatakan, sampai saat ini Polda Jabar juga sudah melakukan sosialisasi perihal penerapan PSBB untuk wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kota Depok (Bodebek). Adapun untuk masalah sanksi tegas Polda Jabar akan memberikan tindakan preventif terlebih dahulu.

"Nanti kita lihat perkembangan dan situasinya, kalau memang masyarakat bisa diimbau menjadi baik, kenpa tidak? Jadi preventif dulu," ungkapnya.

3. Bantuan logistik diberikan Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi

Perketat PSBB, Polda Jabar Cek Kendaraan di Wilayah Perbatasan JakartaIDN Times/istimewa

Lebih lanjut, Rudy mengatakan, Polda Jabar beserta Pangdam Siliwangi juga akan memberikan beberapa bantuan untuk masyarakat yang terdampak PSBB. Menurutnya, masyarakat tidak perlu panik akan kekurangan logistik, sebab instansi pemerintah juga akan membantu perihal tersebut.

"Saat ini bantuan diberikan baru untuk Kota Bandung, kemudian beberapa hari ke depan juga akan diberikan kepada wilayah PSBB di Bodebek," tuturnya.

4. Pemberian bantuan sembako juga akan diberikan ke Bodebek

Perketat PSBB, Polda Jabar Cek Kendaraan di Wilayah Perbatasan JakartaIDN Times/Azzis Zulkhairil

Senada dengan Rudy, Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, bantuan diberikan kepada masyarakat Kota Bandung dan beberapa wilayah lain di Jabar. Menurutnya, hal tersebut sebagai bentuk kepedulian Kodam dan Polda di tengah Pandemik COVID-19.

"Ini adalah salah satu bentuk kepedulian baik dari koordinasi dengan Kodam dan Polda untuk membantu kesulitan masyarakat yang saat ini sedang ada musibah yaitu virus COVID-19," katanya.

"Kita harapkan dengan bantuan ini kita bisa meringankan kehidupan masyarakat saat ini," tambahnya.

Baca Juga: Penyebaran COVID-19 Merata di Bandung, Pemkot Belum Usulkan PSBB 

Baca Juga: PSBB Kabupaten Bogor Berlaku 15 April, Ini 53 Jalan yang Dibatasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya