Pemprov Jabar Beri Banyak Dukungan ke Pemerintah Desa, Apa Saja?

Pembangunan di desa diharapakan terus dilanjutkan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) telah memberikan banyak dukungan pada pemerintah desa. Sejumlah bantuan untuk memajukan desa turut diberikan pada desa yang ada di Jabar.

Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Provinsi Jawa Barat, Sutara mengatakan, pada masa kepemimpinan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, desa sangat banyak diberikan bantuan, salah satunya untuk infrastruktur.

"Jalan provinsi itu lebih bagus. Saya sebagai orang desa menilai bahwa ini harus terus dilanjutkan, pemeliharaannya di setiap ruas jalan ada yang memelihara," ujar Sutara pada awak media usai kegiatan, Silahturahmi Desa Juara, Selasa (11/4/2203).

1. Desa banyak terima dana dari Pemprov Jabar

Pemprov Jabar Beri Banyak Dukungan ke Pemerintah Desa, Apa Saja?(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, dari sisi pembangunan fisik di desa khususnya wilayah Jabar, Sutara mengungkapkan, Pemprov Jabar memberikan dukungan berupa bantuan uang untuk kemajuan desa.

"Pembangunan fisik di desa dengan bantuan keuangan desa semula TPAPD Rp18 juta naik jadi Rp22 juta, dan naik lagi jadi Rp25 juta .Ini bentuk perhatian Pak Gubernur di desa, bahkan dia mencoba menambah hingga Rp50 juta pertahun," ucapnya.

2. Pemprov Jabar banyak buat program di desa

Pemprov Jabar Beri Banyak Dukungan ke Pemerintah Desa, Apa Saja?(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Senada dengan Sutara, Bintang Gemilang ketua PABPDSI Jawa Barat mengatakan, pembangunan desa di bawah kepemimpinan Gubernur Jabar sangat terasa. Banyak program yang diberikan untuk memajukan desa.

"Ada 12 program dari Pemprov Jabar untuk desa, ini dorongannya sangat berhasil dan sekarang sudah berjalan. Apalagi kami BPD sangat diperhatikan oleh pemprov," ujar Bintang.

PABPDSI Jawa Barat sendiri, kata dia, dulu merasa kurang diperhatikan, bantuan juga sangat jarang. Namun, saat ini bantuan mulai banyak dan bisa memakmurkan desa.

"Bantuan dari pemprov itu Rp5 juta awalnya, sekarang Rp7 juta. Total desa ada 5.311, anggota BPD 47.000 lebih," kata dia.

3. Bantuan Pemprov Jabar sangat berguna bagi desa

Pemprov Jabar Beri Banyak Dukungan ke Pemerintah Desa, Apa Saja?(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sedangkan, Kades Cipamekar, Deden Darmawan menambahkan, desanya mendapatkan bantuan dari Pemprov Jabar Rp130 juta pertahun. Bantuan ini juga rutin untuk pembangunan desa.

"Dari total itu, peruntukan fisik, sekitar Rp70 juta, anggaran untuk BPD Rp5 juta, TPAPD satu bulan gaji untuk kepala desa perangkat desa pengentasan kemiskinan," kata dia.

Menurutnya, bantuan dari Pemprov Jabar sangat membantu. Apalagi, desa saat ini banyak memerlukan dana untuk menyejahterakan warganya. Dia juga berharap ada peningkatan bantuan.

"Pembangunan sesuai kebutuhan masing-masing desa. Itu ya Alhamdulillah membantu, meski janjinya Rp250 juta dan baru sampe Rp130 juta, tapi bermanfaat untuk menambah dana desa pusat," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Salurkan Cadangan Pangan ke 4,4 Juta Keluarga

Baca Juga: Pemprov Jabar Tegaskan Flyover Bojongsoang Masih Dalam Kajian

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya