Pemprov Jabar Tegaskan Flyover Bojongsoang Masih Dalam Kajian

Pemprov Jabar terus berkoordinasi dengan Pemkab Bandung

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menegaskan pembangunan Flyover Bojongsoang masih dalam perencanaan. Total panjang jalan layang ini juga masih belum diketahui.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Iendra Sofyan mengatakan, rencana pembangunan Flyover Bojongsoang masuk pada tahap kajian.

"Kami masuk pada tahap kajian. Jadi yang flyover (Bojongsoang) itu belum ada kajian secara detail, mau panjangnya berapa, dari mana ke mana. Jadi jangan sampai di sananya gak macet, tapi di sininya macet," ujar Iendra, dikutip Senin (3/4/2023).

1. Semua hal teknis akan dibahas secara lengkap

Pemprov Jabar Tegaskan Flyover Bojongsoang Masih Dalam KajianIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Pembahasan dan kajian ini turut dikoordinasikan dengan pemerintah Kabupaten Bandung selaku pemilik wilayah. Selain itu, ada juga Badan Pengatur Jalan Kementerian Pekerjaan Umum untuk berkolaborasi dalam mematangkan rencana ini.

"Jadi semuanya akan kita bahas secara rinci. Dan mudah-mudahan kalau pembahasannya sudah satu atau dua tahun ke depan, kita akan segera bangun," ungkapnya.

2. Rencana pembangunan di atas jalan provinsi

Pemprov Jabar Tegaskan Flyover Bojongsoang Masih Dalam KajianIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Pemprov Jabar sendiri memastikan, rencana pembangunan ini memang ada di atas jalan provinsi, bukan Kabupaten Bandung. Hanya saja, pemerintah kabupaten memiliki hubungan sehingga harus berkolaborasi bersama.

"Jadi setelah kemarin kita klarifikasi bahwa itu jalannya milik provinsi tetapi ada hubungan antara kabupaten kota, teman-teman BMPR antara provinsi dan kabupaten sudah bicara," katanya.

3. Hasil kajian masih belum keluar

Pemprov Jabar Tegaskan Flyover Bojongsoang Masih Dalam KajianIlustrasi flyover. (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Hasil dari kajian juga masih belum diketahui secara pasti. Iendra menegaskan, saat ini proses kajian rencana pembangunan Flyover Bojongsoang masih berjalan. Nantinya, ketika kajian rampung, maka akan dilanjutkan pada tahap perencanaan lainnya.

"Hasilnya saya belum dapat informasi lagi, tetapi kalau tidak salah tahun ini akan coba dikaji secara cepat. Jadi ini berprogres," katanya.

Untuk diketahui, rencana pembangunan Flyover Bojongsoang Kabupaten Bandung sempat ramai di media sosial karena Bupati Bandung, Dadang Supriatna mencolek langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan menyampaikan soal keluhannya di Instagram.

4. Ridwan Kamil pastikan rencana ini butuh kajian mendalam

Pemprov Jabar Tegaskan Flyover Bojongsoang Masih Dalam KajianGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Usai ramai soal rencana ini, Ridwan Kamil bertemu dengan Bupati Bandung dan hasil pertemuannya memastikan semua aspirasi dari masyarakat akan dipertimbangkan.

"Penduduk paling besar di Bandung Raya, semua aspirasi seperti (Flyover) Bojongsoang, SMA dan masalah banjir semua diperhatikan," ujar Emil, Rabu (1/3/2023) sore.

Menurutnya setelah dikaji lebih dalam terkadang usulan yang datang dari pemerintah daerah masih membutuhkan pembahasan yang tidak bisa sesegera diputuskan karena akan mempengaruhi postur anggaran. Termasuk soal pembangunan Flyover Bojongsoang.

"Karena nanti harus dikaji satu sama lain, contoh ada pergerakan dari Kabupaten Bandung ke Sumedang, itu nanti dikaji apakah butuh flyover atau apa. Jadi aspirasi akan menjadi lebih baik dan bisa dikendalikan dikaji komprehensif," katanya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Janji Bakal Tuntaskan KLB Polio

Baca Juga: Pemberian Smart Fishing Jadi Bukti Perhatian Pemprov Jabar ke Nelayan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya