Pembangunan Tahap I Rumah Deret Tamansari Tak Sesuai Target

Ada beberapa faktor menjadi penyebab leletnya pembangunan

Bandung, IDN Times - Pembangunan tahap I rumah deret (Rudet) Tamansari mengalami molor. Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung menyatakan bahwa ada beberapa kendala yang membuat pengerjaan tidak dapat diselesaikan sesuai target.

Kabid DPKP3 Kota Bandung, Nunun Yanuati menerangkan, pembangunan tahap I Rudet Tamansari awalnya ditargetkan rampung pada April 2021. Dalam perjalanan, target mengalami pergeseran menjadi Juni 2021.

"Sampai hari ini sudah 62 persen dari yang ditargetkan 70 persen. Kami memang ada deviasi gak sampai 10 persen. Tahap kita melaksanakan 60 persen dari keseluruhan," ujar Nunun di Taman Sejarah, Kota Bandung, Kamis (22/4/2021).

1. Pemkot Bandung sebut warga jadi penghambat

Pembangunan Tahap I Rumah Deret Tamansari Tak Sesuai TargetSatpol PP Kota Bandung tengah mengeksekusi lahan warga Tamansari. (IDN Times/Galih Persiana)

Meskipun proyek sudah selesai sebanyak 60 persen, pembangunan Rudet Tamansari dari awal hingga saat ini menemui banyak kendala. Salah satu yang paling terasa yaitu masih adanya warga yang tinggal di lokasi pembangunan.

"Ada beberapa hambatan karena di sana masih ada satu kepala keluarga yang masih bertahan, otomatis lahannya baru disiapkan yang berada di luar lokasi tersebut. Kita terus berupaya melakukan upaya dan pendekatan," ungkapnya.

2. Pemkot Bandung mengalami kerugian

Pembangunan Tahap I Rumah Deret Tamansari Tak Sesuai TargetSatpol PP Kota Bandung tengah mengeksekusi lahan warga Tamansari. (IDN Times/Galih Persiana)

Faktor lainnya yang membuat tidak terpenuhinya target pembangunan juga diakibatkan adanya perubahan desain atas rekomendasi ahli bangunan rumah deret. Sehingga, anggaran pembangunan berubah-ubah, dan mendapatkan efek pengalihan atau refokusing anggaran pandemik COVID-19.

"Akibat pembangunan yang molor, kerugian yang dialami hanya terkait penyediaan uang sewa rumah untuk warga terdampak yang disiapkan oleh pemerintah menjadi lebih panjang," jelasnya.

3. Pembangunan akan dimaksimalkan Pemkot Bandung

Pembangunan Tahap I Rumah Deret Tamansari Tak Sesuai Target(Warga di Tamansari berkemas sebelum rumahnya digusur oleh Pemkot Bandung) IDN Times/Debbie Sutrisno

Nunun menambahkan, meski mengalami keterlambatan, Pemkot Bandung akan tetap maksimalkan pembangunan. Pada tahap satu ini mereka membangun kontruksinya yang mana meliputi struktur bangunan untuk blok C sebanyak 8 lantai, dan blok A sebanyak 4 lantai, dengan total mencapai 478 unit. 

"Sampai bulan April target 70 persen dari 100 persen, 30 persennya sampai Juni. Rumah deret tahap satu ada 198 unit," katanya. 

4. Rudet Tamansari tidak hanya untuk tempat tinggal

Pembangunan Tahap I Rumah Deret Tamansari Tak Sesuai Target(Area di Tamansari yang hendak digusur oleh Pemkot Bandung) IDN Times/Debbie Sutrisno

Pemkot Bandung menargetkan Rudet Tamansari bisa rampung dalam 2021 ini. Sehingga, Nunun mengatakan, pada 2022 warga yang kini berada di tempat tinggal sementara bisa segera menempati tempat tinggal baru.

"Saat sudah selesai semua, misal akhir Desember selesai, kita lakukan laik fungsi tiga bulan dan Maret baru bisa diisi. Di rumah deret ada unit hunian kamar, ada ruang usaha. ada ruang komersil, yang bisa disewakan kepada warga," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung Lanjutkan Proyek Rudet Tamansari, Oded: Kami Harus Adil

Baca Juga: Ada Tiga Bangunan Liar, Pembangunan Rumah Deret Tamansari Terhambat!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya