PAN Buka Peluang, Apa Ridwan Kamil Mau Terima?

PAN sudah sering berkomunikasi dengan Ridwan Kamil

Bandung, IDN Times - Langkah Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mendorong Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil maju di Pilpres 2024 terus berlanjut. Pembicaraan politik agar Emil masuk ke dalam partai matahari putih ini telah intens dilakukan.

Emil mengatakan, PAN tidak hanya sekali melakukan komunikasi dengan dirinya. Sejumlah pertemuan terus dilakukan PAN agar orang nomor satu di Jabar ini berlabuh dalam partai yang dinahkodai Zulkifli Hasan itu.

Namun, Emil belum mau menegaskan bahwa dirinya akan mengambil kesempatan ini. Emil menyatakan masih menunggu takdir.

"Partai yang intens berkomunikasi adalah PAN, sudah berkali-kali lebih dari lima kali. jadi masalah berjodoh tidaknya, ya kan jodoh mah rahasia Allah SWT ya," ujar Emil, Sabtu (15/10/2022).

1. Pilpres 2024 tidak bisa diprediksi jauh-jauh hari

PAN Buka Peluang, Apa Ridwan Kamil Mau Terima?Ridwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Mengenai dirinya akan maju pada Pilpres 2024, Emil berpendapat, setiap pemilu tentunya akan banyak hal yang di luar prediksi. Sehingga, kata dia, semua kemungkinan-kemungkinan bisa saja terjadi.

"Komunikasi terus dilakukan, karena itu adalah keharusannya. Tapi dinamika 2024 menurut saya enggak selalu bisa diprediksi terlalu jauh-jauh hari," ucapnya.

2. Ridwan Kamil punya banyak kesempatan

PAN Buka Peluang, Apa Ridwan Kamil Mau Terima?Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Mantan Wali Kota Bandung ini juga enggan berspekulasi terlalu jauh. Namun, selama diberikan kesempatan dan jalannya memang harus maju di Pilpres 2024, ia memastikan untuk mengambil kesempatan itu.

"Saya juga akan menjemput takdir itu mengalir aja, harus ikhtiar. Bahwa nanti enggak jadi tidak masalah, pilihan saya masih ada kan gubernur jilid 2 (perode kedua) di survei juga lumayan di atas 60 persen ibaratnya. Tapi kalau ada ya kenapa tidak, kalau memang memungkinkan," katanya.

3. PAN siap membantu ikhtiar Emil di Pilpres 2024

PAN Buka Peluang, Apa Ridwan Kamil Mau Terima?Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno di Gedung Sate (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno baru-baru ini menemui Ridwan Kamil dan menegaskan bahwa partainya siap mendukung ikhtiar Emil di Pilpres 2024.

"Mendukung ikhtiar-nya kang Emil dan kami sudah sampaikan dalam beberapa kesempatan, PAN siap untuk menggelar karpet biru kalau kang Emil siap bergabung dengan PAN," ujar Eddy di Gedung Sate, Senin (11/10/2022) sore.

Eddy menambahkan bahwa rekam jejaknya selama menjabat Wali Kota Bandung dan Gubernur Jabar hingga saat ini nyaris tanpa ada tinta hitam. PAN sejauh ini menilai Emil sebagai tokoh yang lengkap untuk maju sebagai pimpinan nasional.

"Kita melihatnya kalau kang Emil sebagai Wali Kota berprestasi, Gubernur berprestasi, jadi sudah teruji rekam jejaknya," kata dia.

Baca Juga: Pilpres 2024: PAN Siap Gelar Karpet Biru untuk Ridwan Kamil

Baca Juga: Apapun Partainya, Relawan Dorong Ridwan Kamil Maju Pilpres

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya