Mulai Hari Ini Pemkot Bandung Gelar Vaksinasi Booster di 80 Puskesmas

Vaksinasi booster juga dilakukan di tiga rumah sakit

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar vaksinasi booster di 80 puskesmas di Kota Bandung. Pemberian vaksin ketiga ini mulai dilakukan sejak hari ini, Kamis (13/1/2022).

dr Ahyani Raksanagara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengatakan, total target sasaran yang dapat divaksin booster sebanyak 294 ribu lebih orang.

"Vaksinasi booster dilakukan di 80 puskesmas plus tiga rumah sakit daerah untuk klinik-klinik milik pemerintah lain seperti RSHS, RS Cicendo, RSUP Rotinsulu, RS Sartika Asih, RS Salamun dan semuanya, itu juga sudah siap," ujar Ahyani.

1. Vaksin di klinik swasta bisa berkoordinasi dengan puskesmas

Mulai Hari Ini Pemkot Bandung Gelar Vaksinasi Booster di 80 Puskesmas(Kepala Dinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanagara) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Untuk fasilitas kesehatan milik swasta, Ahyani bilang, para pengelola telah diberikan arahan untuk vaksinasi booster, dan teknisnya bisa langsung berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah di masing-masing wilayah.

"Klinik swasta tinggal berkoordinasi dengan puskesmas itu ya. Dan ini vaksinasi Kalau undangan (aplikasi Peduli Lindungi) mah otomatis secara sistem, jadi bisa langsung," ucapnya.

2. Penerima vaksin booster harus sudah melengkapi dosis satu dan dua

Mulai Hari Ini Pemkot Bandung Gelar Vaksinasi Booster di 80 PuskesmasIDN Times/Yogi Pasha

Ahyani menambahkan, vaksinasi booster ini dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Adapun dosis ke tiga ini diberikan pada masyarakat yang telah mendapatkan dosis primer lengkap, yaitu dosis satu dan dua.

"Siapa yang memenuhi kriteria untuk booster? kesatu, usianya di atas 18 tahun. Kedua, sudah lebih dari 6 bulan dari dosis kedua atau dosis lengkap," ucapnya.

3. Semua akan mendapatkan giliran vaksin booster

Mulai Hari Ini Pemkot Bandung Gelar Vaksinasi Booster di 80 PuskesmasIDN Times/Azzis Zulkhairil

Penerima vaksin booster dilakukan secara bertahap berdasarkan tiket di aplikasi Peduli Lindungi. Ahyani mengatakan, Pemkot Bandung akan terlebih dahulu mengutamakan pada lansia dan kelompok garda terdepan dalam menangani pandemik.

"Kalau pas dicek belum ada tiketnya tunggu aja nanti kan ada gilirannya pemerintah memprioritaskan dahulu kepada lansia dan kelompok yang dianggap rentan," katanya.

4. Vaksin tersedia ada Pfizer dan Astra Zeneca

Mulai Hari Ini Pemkot Bandung Gelar Vaksinasi Booster di 80 PuskesmasProses pembuatan vaksin COVID-19 oleh Pfizer (Facebook.com/Pfizer)

Untuk Januari 2022, Ahyani bilang, jenis dosis vaksin booster yang disediakan ada Pfizer dan Astra Zeneca. Dua vaksin ini bisa diberikan pada masyarakat yang sebelumnya mendapatkan vaksin Sinovac secara penuh.

"Dosisnya adalah setengah dosis dari yang dulu primer, jadi kalau Pfizer itu 0,3 cc kalau bagi booster cukup 0,15 cc. Kalau Astra Zeneca dulu diberikan 0,5 cc sekarang cukup 0,25 ini, tentu sudah sesuai dengan hasil penelitian uji klinisnya booster," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Gelar Vaksinasi Booster di 10 Daerah

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Tinggi, Pemprov Jabar Gelar OPM di 11 Daerah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya