Mengaku Pengemis, Abah Tono Ternyata Punya Rumah Tingkat Dua dan Motor

Videonya sempat viral, Abah Tono tergolong mampu 

Bandung, IDN Times - Video Abah Tono, pengemis asal Kabupaten Bandung ini sempat viral di media sosial. Pernyataannya yang hanya memiliki pendapatan Rp1.500 per hari itu ramai diperbincangkan netizen beberapa waktu lalu.

Namun, kondisi sebenarnya Abah Tono kini telah terungkap. Pengemis yang videonya viral di media sosial itu ternyata memiliki rumah bertingkat dan sepeda motor yang dibeli dengan tunai.

Kepala Desa Pangauban, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Bandung, Enep Rusna membenarkan, sosok Abah Tono yang videonya viral di media sosial jauh dari kekurangan. Ia menyebut, Abah Tono memiliki rumah tiga tingkat dan kendaraan bermotor.

"Rumahnya dua tingkat, malah mau tiga tingkat. Motor punya, anaknya juga bilang bapak tidak kekurangan," ujar Enep saat dihubungi, Senin (11/5).

1. Viral melalui video, Abah Tono banyak menerima bantuan

Mengaku Pengemis, Abah Tono Ternyata Punya Rumah Tingkat Dua dan Motor

Enep mengatakan, dalam video viral tentang sosok Abah Tono yang dinilai memerlukan bantuan, Abah Tono mengaku kekurangan makan dan tidak mendapat penghasilan banyak. Padahal, menurutnya, kenyataan di lapangan sangat berbeda dengan pernyataan Abah Tono. Ia menyebut, Abah Tono masuk dalam orang berkecukupan.

"Intinya jauh dari kenyataan. Logika penghasilan Rp1.500-Rp2.000, dia dapat dus (bantuan), belum ada yang ngasih-ngasih," ungkapnya.

2. Pernyataan Abah Tono menyakiti hati tetangga

Mengaku Pengemis, Abah Tono Ternyata Punya Rumah Tingkat Dua dan Motor

Enep menuturkan, Abah Tono juga kerap mendapatkan bantuan non tunai dari desa setiap bulan. Beberapa donatur juga kerap memberikan bantuan pada Abah Tono. Menurutnya, pernyataan dalam video Abah Tono sangat melukai hati para tetangga.

"Geram bukan soal nyumbang, perkataan beliau yang menyakitkan tetangga dan bilang kadang makan, kadang tidak, menyakitkan," jelasnya.

3. Abah Tono sering mendapatkan uang bantuan pemerintah

Mengaku Pengemis, Abah Tono Ternyata Punya Rumah Tingkat Dua dan Motor(Ilustrasi Bansos) Dok. Warga di medsos

Enep menambahkan, saat ini Abah Tono merasa malu dan berberat hati untuk menyampaikan alasannya menyatakan pernyataan tersebut dalam video viral. Ia mengatakan, Abah Tono sudah meminta maaf pada tetangga dan pihak lainnya.

"Abah Tono dulu pekerjaannya berkebun, sekarang beralih pemulung. Biasa mangkalnya di salah satu minimarket seputar Kabupaten Bandung," kata dia.

4. Banyak donatur kecewa akibat informasi rumah tingkat Abah Tono

Mengaku Pengemis, Abah Tono Ternyata Punya Rumah Tingkat Dua dan MotorKemensos menyalurkan bansos untuk warga terdampak COVID-19 (Dok. Kemensos)

Sebagaimana diketahui, sosok Abah Tono, viral di media sosial baru-baru ini, dalam video viral tersebut Abah Tono yang berprofesi sebagai pemulung mengaku mendapat penghasilan Rp 1.500-2.000 satu hari. Dalam video, Abah Tono mengaku uang tersebut pun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

Akibat pernyataannya, sejumlah donatur terus berdatangan dan hendak memberi bantuan pada Abah Tono. Berjalannya waktu. Para donatur kaget mendengar informasi bahwa Abah Tono memiliki rumah tingkat dan kendaraan.

Baca Juga: Pemkot Bandung Pastikan PPDB 2020 Dilakukan Secara Digital

Baca Juga: Ayah YouTuber Ferdian Paleka Mengakui Sarankan Anaknya Sembunyi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya