Masih Ada SLB di Cimahi dengan Kondisi Mengkhawatirkan

Dewan anggap SLB Negeri 2 Kota Cimahi paling parah se-Jabar

Bandung, IDN Times - Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) menemukan Sekolah Luar Biasa (SLB) yang masih tidak layak. Sekolah ini diketahui berada di Kota Cimahi.

Ade Kaca, Anggota Komisi V DPRD Jabar mengatakan, SLB Negeri 2 Kota Cimahi kondisinya memprihatinkan. Guru terpaksa harus menyulap ruang UKS untuk dijadikan ruang kelas untuk melakukan pembelajaran.

"Hampir dua tahun saya menjadi anggota DPRD, sudah muter juga ke SMA/ SMK/ SLB seluruh kabupaten kota di Jabar baru kali ini saya menemukan SLB yang ada di tengah kota dengan kondisi yang sangat memprihatinkan," ujar Ade melalui keterangan resminya, Senin (20/9/2021).

1. SLB harusnya menjadi fokus pemerintah karena siswa-siswinya berbeda

Masih Ada SLB di Cimahi dengan Kondisi Mengkhawatirkan

Menurut Ade, pemerintah seharusnya memperhatikan kondisi SLB di seluruh Jabar. Sebab, siswa yang belajar di SLB memiliki kondisi berbeda dari para siswanya umumnya. Maka itu, perhatian pemerintah harus lebih serius.

"Karena dalam sudut pandang saya SLB itu harus memiliki fasilitas lebih karena kondisi fisik siswanya juga kan memperihatinkan," ungkapnya.

2. Disdik Jabar akan dipanggil dan diminta turut mencari solusi atas persoalan ini

Masih Ada SLB di Cimahi dengan Kondisi MengkhawatirkanSiswa SLB Surya Gemilang mengikuti kelas keterampilan tata rias. IDN Times/Dhana Kencana

Dengan kondisi ini, Ade bilang bahwa akan ada pertemuan dengan Dinas Pendidik Provinsi Jabar untuk membahas permasalahan dan mencarikan solusi agar siswa dapat belajar dengan layak.

"Saya akan usul ke pimpinan Komisi V untuk secepatnya mengadakan rapat dengan Dinas Pendidikan Jabar. Kepala sekolah akan kami undang, KCD sudah tentu kita undang, agar semuanya selesai," kata dia.

3. Idealnya ada semua ruangan khusus minat belajar siswa

Masih Ada SLB di Cimahi dengan Kondisi MengkhawatirkanIlustrasi kegiatan belajar mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sedangkan, Kepala Sekolah SLB Negeri 2 Cimahi, Budi Setiono berharap, pemerintah segera bertindak dan melakukan peremajaan, karena sangat aneh jika ada SLB yang letaknya di tengah kota namun kondisinya tidak layak.

"Idealnya ruang terapi ada, ruang keterampilannya ada, tata boga dan busana juga harusnya ada. Lengkap," kata dia.

Baca Juga: Bekas Petinggi DPRD Jabar Dapat Uang Suap dari Pengusaha Indramayu

Baca Juga: Ketua KPK Firli Ingatkan Anggota DPRD Jabar Jangan Maling Uang Rakyat

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya