Mantan Bupati Bandung Kol. Purn. Sani Lupias Tutup Usia

Almarhum banyak berjasa untuk Kota dan Kabupaten Bandung

Bandung, IDN Times - Mantan Bupati Bandung periode 1980-1985, Kol. Purn. Sani Lupias Abdurahman tutup usia. Veteran TNI ini menghembuskan nafas terakhir di usia 100 tahun dan telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra.

Kabar wafatnya Sani Lupias disampaikan langsung melalui Instagram Humas Pemkab Bandung. Pemerintah Kabupaten Bandung juga menyampaikan duka mendalam atas kabar ini.

"Innalillahi wa Inna ilaihi roji'uun. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, atas wafatnya, Kol. Purn. H. Sani Lupias Abdurahman, Mantan Bupati Bandung Periode 1980-1985. Semoga almarhum husnul khotimah, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," tulis Humas Pemkab Bandung, Sabtu (14/1/2023).

Bupati Bandung Dadang Supriatna juga turut menyampaikan bela sungkawa pada pria kelahiran 25 November 1922 ini. Menurutnya, jasa almarhum untuk Bandung secara umum cukup banyak.

"Pada masa pemerintahannya sebagai bupati, Waduk Cirata dibangun dan ibu kota Kabupaten Bandung dialihkan dari Baleendah ke Soreang. Insya Allah Husnul Khotimah, AlFatihah," ujar Dadang melalui akun Instagram pribadinya, Sabtu (14/1/2023).

Dadang menjelaskan, Kol. Purn. Sani Lupias Abdurachman merupakan Bupati Bandung pada masa periode tahun 1980 sampai 1985. Almarhum dilantik dibuat menjadi Bupati pada 4 Desember 1980 di depan Sidang Paripurna DPRD TK.II Bandung menggantikan bupati sebelumnya Lily Sumantri.

Sani Lupias mengenyam berbagai pendidikan militer diantaranya adalah PETA Bogor Tingkatan I tahun 1943, Combat Intel tahun 1953 dan Seskoad KR V tahun 1967.

"Beliau adalah tentara PETA SHODANTYO DAI I di Tasikmalaya. Sebelum menjabat sebagai Bupati Bandung beliau adalah Komandan Rayon Koramil 36/Beruang Merah Respelopor dari 11 April 1952 sampai dengan 1953," kata dia.

Baca Juga: Jabar Darurat Medis Ciki Ngebul, Wagub Bela Penjual Jajanan

Baca Juga: Pemkot Bandung Hibahkan Lahan 5.058 Meter untuk Proyek Kereta Cepat 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya