Malam Tahun Baru 2023, Flyover Bandung Ditutup Sementara

Penutupan dilakukan guna mengurangi titik kemacetan

Bandung, IDN Times - Sejumlah jembatan flyover di Kota Bandung bakal ditutup sementara jelang pergantian tahun 2023. Penutupan bakal dilakukan Polda Jabar guna mengurangi titik kemacetan jalan dan mengurai mobilitas masyarakat.

Kabid Humas Polda Jaba, Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, salah satu flyover yang sementara waktu akan ditutup ialah Jembatan Pasupati (penghubung Pasteur-Surapati) yang menjadi pintu utama untuk masuk ke Kota Bandung.

"Ada beberapa informasi awal seperti rencana penutupan flyover karena memang ini diperkirakan akan terjadi kemacetan sehingga nanti mendekati jam 00.00 WIB, itu akan dilakukan penutupan selam 1 atau 2 jam kemudian akan dibuka kembali," ujar Ibrahim, Sabtu (31/12/2022).

1. Strategi dilakukan guna mengatur kendaraan masuk ke wilayah kota

Malam Tahun Baru 2023, Flyover Bandung Ditutup SementaraMerdeka

Selain melakukan pengaturan di beberapa jalur masuk ke Kota Bandung, Ibrahim mengungkapkan, kepolisian dibantu instansi terkait akan melakukan pengaturan jalan lainnya saat malam tahun pergantian tahun ini.

"Pengaturan semuanya dilakukan guna mengurangi kemacetan, dan menjaga kondusivitas," katanya.

2. Akan ada pos pengamanan di beberapa titik

Malam Tahun Baru 2023, Flyover Bandung Ditutup SementaraKapolda Jabar Irjen Pol Suntana. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Polda Jabar menyiapkan 26 ribu personel gabungan untuk mengamankan dan mengawasi aktivitas masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 (2023).

Kapolda Jabar, Irjen Santana mengatakan bahwa pengamanan dan pengawasan tersebut akan dilaksanakan selama 11 hari mulai dari tanggal 23 Desember 2022- 2 Januari 2023.

"Dari jumlah personel yang ada, seluruhnya kurang lebih ada 26 ribu personel untuk Jabar, dan ada 230 pospam (pos pengamanan)," ucapnya usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022 di Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (22/12/2022).

3. Seluruh jalan alteri akan dilakukan pengamanan

Malam Tahun Baru 2023, Flyover Bandung Ditutup SementaraAbdul Halim/IDN Times

Selain itu, pengamanan akan dilakukan pula di beberapa titik lainnya, termasuk jalan dalam kota dan jalan tol yang ada di wilayah Jabar. Artinya, tidak hanya pengamanan untuk perayaan di pusat keramaian saja.

"Secara dinamis seluruh jalan baik Alteri maupun tol sama-saman akan diamankan. Jadi semua personel dibagi sedemikan rupa secara dinamis untuk mengantisipasi berbagai gangguan," katanya.

Baca Juga: Polda Jabar Pastikan Pengamanan Ibadah Misa Natal 2023 Maksimal

Baca Juga: Polda Jabar Terjunkan 26 Ribu Personel Amankan Libur Nataru 2023

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya