Polda Jabar Pastikan Pengamanan Ibadah Misa Natal 2023 Maksimal

Berharap tidak ada ancaman yang terjadi

Bandung, IDN Times - Tim Gegana dari Brimob Polda Jawa Barat (Jabar) memastikan pengamanan maksimal untuk ibadah Misa Natal 2023. Penyisiran dan penjagaan sejumlah gereja pun tengah dilakukan.

Komandan Detasemen Gegana, Brimob Polda Jabar, Kompol M. Syahrul mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan penemuan hal mencurigakan dan membahayakan para jemaat. Ia berharap kondisi ini juga berlangsung selama hari raya Natal.

"Kita harap ke depannya supaya tidak ada hal yang tidak kita inginkan," kata Syahrul di Gereja Katedral Santo Petrus, Jalan Merdeka,Kota Bandung, Sabtu (24/12/2022).

1. Pengecekan maksimal dilakukan di Gereja Katedral Santo Petrus

Polda Jabar Pastikan Pengamanan Ibadah Misa Natal 2023 MaksimalGereja Katedral Santo Petrus, Kota Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Penyisiran dan sterilisasi melibatkan satu Tim Gegana yang terdiri dari 12 personel. Tim yang dikerahkan juga membawa anjing K9 untuk mendeteksi adanya hal-hal yang mencurigakan di lokasi gereja yang ada di Jabar.

"Untuk Gereja Katedral Santo Petrus, personel Brimob mengecek setiap sudut, mulai dari kolong kursi, hiasan-hiasan Natal, hingga perangkat listrik yang ada di gereja itu, menggunakan alat pendeteksi bahan berbahaya," ungkapanya.

2. Hampir seluruh gereja di Kota Bandung disterilisasi

Polda Jabar Pastikan Pengamanan Ibadah Misa Natal 2023 MaksimalANTARA FOTO/Rahmad

Selain Gereja Katedral Santo Petrus, tim juga sudah melakukan sterilisasi di gereja yang berada di Cikapayang, Dago, Kota Bandung. Tim juga akan mengecek beberapa gereja lainnya di Kota Bandung.

"Tim juga bakal melanjutkan sterilisasi ke gereja yang berada di Jalan LLRE Martadinata, dan gereja di kawasan Sabuga ITB," katanya.

3. Ada ribuan gereja yang diamankan

Polda Jabar Pastikan Pengamanan Ibadah Misa Natal 2023 MaksimalTim Jibom saat lakukan sterilisasi gereja pada Senin (23/12). IDN Times/Siti Umaiyah

Sebelumnya, Kabidhumas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, ada sebanyak 1.210 gereja di Jabar menjadi objek sasaran penjagaan untuk memberikan keamanan umat Kristiani ini.

Dari 1.210 gereja yang menjadi objek sasaran pengaman di Jabar, aparat yang dikerahkan ada sebanyak 26 ribu personel.

"Kami melibatkan kendaraan roda dua sebanyak 176 unit, roda empat 104 unit dan roda enam 51 unit, kendaraan khusus ini ada delapan unit dan K-9 sebanyak tiga ekor, helikopter satu unit dan juga kapal untuk pengawasan laut dua unit," ujar Ibrahim, Jumat (23/12/2023).

Baca Juga: Polda Jabar Terjunkan 26 Ribu Personel Amankan Libur Nataru 2023

Baca Juga: Polda Jabar Perketat Izin Konser Musik Malam Hari

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya