Libur Natal 2023: Kendaraan Wisatawan Padati Jalan Dago

Mayoritas kendaraan hendak berlibur ke arah Lembang

Bandung, IDN Times - Kendaraan wisatawan mulai memadati beberapa titik objek wisata di Bandung Raya pada libur Natal, Senin (25/12/2023). Salah satu yang menjadi titik tujuan wisata masyarakat yaitu sekitar wilayah Lembang.

Berdasarkan pantauan IDN Times di lapangan pada pukul 13:32 WIB, kendaraan yang menuju kawasan Lembang memilih melewati jalur alternatif melalui Jalan Ir H Djuanda. Hal ini mengakibatkan terjadinya kepadatan kendaraan.

1. Arus kendaraan padat lancar

Libur Natal 2023: Kendaraan Wisatawan Padati Jalan Dago(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bahkan, kemacetan terjadi mulai dari depan Kantor PMI Jawa Barat hingga persimpangan Dago Jajaway. Selain itu, kepadatan terjadi dari arah menuju Kota Bandung. Kendaraan terpantau bernomor polisi di luar wilayah Bandung.

Sementara, Anggota Satlantas Polrestabes Bandung, Aipda Yana Mulyana mengatakan, volume kendaraan yang melintas di Jalan Ir H Juanda mengalami peningkatan pada hari raya Natal 2023 ini. Meski begitu, situasi masih terkendali.

"Situasi lalu lintas dari Dago Bengkok dan Jajaway mulai ada peningkatan volume kendaraan dari Jalan Ir H Juanda arah jalur alternatif ke Lembang, cukup padat lancar. Begitu pun dari arah Dago Bengkok dan Jajaway menuju ke Jalan Ir H Juanda," kata Yana di lokasi.

2. Kendaraan banyak dari luar wilayah Bandung

Libur Natal 2023: Kendaraan Wisatawan Padati Jalan DagoIlustrasi kemacetan (IDN Times/Mardya Shakti)

Yana mengungkapkan, kendaraan yang masuk wilayah Jalan Ir H Juanda pada libur Natal 2023 ini didominasi oleh warga luar Bandung Raya. Dia memastikan rata-rata pengendara hendak berwisata mengisi waktu libur.

"Didominasi oleh kendaraan dari luar kota yang hendak berwisata," katanya.

3. Kepadatan diprediksi hingga malam

Libur Natal 2023: Kendaraan Wisatawan Padati Jalan DagoIlustrasi macet (IDN Times/Sukma Shakti)

Lebih lanjut, Yana mengatakan, polisi tidak melakukan rekayasa lalulintas meski kendaraan padat merayap. Menurutnya petugas hanya melakukan upaya penarikan arus dari arah Kota Bandung menuju Lembang. Dia memprediksi, kondisi ini akan terjadi hingga malam hari nanti.

"Kepadatan biasanya sampai pukul 21.00 WIB. Kemudian, dilanjut esok hari akan ada peningkatan volume kendaraan karena masih ada libur cuti bersama. Kemungkinan besok akan sama seperti hari ini," kata dia.

Baca Juga: Libur Nataru 2024: 123 Ribu Masyarakat Gunakan Kereta Cepat Whoosh

Baca Juga: Polda Jabar Prediksi Arus Mudik Nataru Mulai Terjadi Awal Pekan Ini

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya