Kota Bandung Kembali Terima Penghargaan Kota Peduli HAM

Kemenkumham berikan penghargaan ke 4 kali untuk Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung kembali menerima penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Penghargaan ini merupakan yang keempat kalinya secara berturut-turut diberikan Kemenhumham sejak 2017 hingga 2020. Untuk penghargaan Kota Peduli HAM ini diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Imam Suyudi kepada Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Kantor Kanwil Kemenkumham Jabar pada Senin 14 Desember 2020.

1. Penghargaan diharapkan memicu semangat pegawai Pemkot Bandung

Kota Bandung Kembali Terima Penghargaan Kota Peduli HAMHumas/Pemkot Bandung

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, Pemkot Bandung terus memberikan kesetaraan pelayanan kepada masyarakat. Ia yakin dengan pelayanan publik yang maksimal, mampu memberikan kepuasan kepada warga.

"Mudah-mudahan ini memicu teman-teman untuk meningkatkan pelayanan terbaik kepada siapa pun," ujar Yana usai menerima penghargaan tersebut.

2. Regulasi soal HAM sudah disediakan dan tinggal mengikuti aturan

Kota Bandung Kembali Terima Penghargaan Kota Peduli HAMHumas/Pemkot Bandung

Ia mengatakan, soal komitmen kuat sebagai penegakan HAM saat ini ada regulasi yang mengaturnya. Ia berharap, pemerintah dan masyarakat mampu mengikuti dan melaksanakannya.

"Regulasi sudah ada yang mengatur ini semua. Mudah-mudahan kita bisa mengikuti dan melaksanakannya," ungkapnya.

3. Kemenkumham meminta kinerja Pemkot Bandung semakin lebih dimaksimalkan

Kota Bandung Kembali Terima Penghargaan Kota Peduli HAMHumas/Pemkot Bandung

Di tempat sama, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Imam Suyudi mengatakan, di wilayah Jabar ada sembilan daerah yang mendapatkan Kota Kabupaten peduli HAM dan empat Kabupaten cukup HAM.

"Kita harap ke depannya lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan jasa pelayanan dan Hak Asasi Manusia," kata Imam.

4. Sejumlah daerah lain juga mendapatkan penghargaan serupa

Kota Bandung Kembali Terima Penghargaan Kota Peduli HAMHumas/Pemkot Bandung

Selain Kota Bandung, Imam menyebutkan, beberapa daerah lain yang juga mendapatkan penghargaan serupa yakni, Kabupaten Garut, Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kota Sukabumi, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Purwakarta, Kota Bekasi dan Kabupaten Bandung.

Kemudian, untuk kategori kota kabupaten Cukup Peduli HAM. Di antaranya di raih oleh Kabupaten Cirebon, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Ciamis.

Baca Juga: Zona Merah, Pemkot Bandung Belum Berniat Gelar Belajar Tatap Muka

Baca Juga: Kasus Megamendung, Penyidik Polda Jabar Datangi Rizieq Shihab ke PMJ

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya