KM 149 Gedebage Kembali Dibuka, Ema Sumarna Wanti-wanti Kemacetan

Ema Sumarna sebut Gedebage Selatan belum ideal

Bandung, IDN Times - Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) memastikan akses keluar dan masuk kendaraan kilometer 149 Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) di Kecamatan Gedebage telah dibuka.

Menanggapi hal ini, Plh. Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya optimalisasi jalur Gedebage Selatan. Sebab jalur itu belum menyambung ke Jalan Soekarno Hatta, dan akan menimbulkan kemacetan.

"Kalau sekarang sudah dibuka, kita harus kerja keras supaya tidak terjadi arus pemindahan kemacetan. Sebab menurut saya Gedebage Selatan itu belum ideal kalau untuk menampung volume kendaraan yang banyak," ujar Ema, Sabtu (19/8/2023).

1. Akses Gedebage Selatan tanggung jawab Pemprov Jabar

KM 149 Gedebage Kembali Dibuka, Ema Sumarna Wanti-wanti KemacetanIDN Times/Humas Bandung

Pembangunan jalur Gedebage Selatan memang merupakan ranah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ema berharap jalur itu segera dibangun dan diselesaikan, sehingga jikapun ada kemacetan bisa terurai dengan baik.

"Kami juga pernah bersurat untuk segera ditindaklanjuti. Namun, di sana memang ada ranah kewenangan provinsi. Ada lahan yang memang harus dibebaskan," katanya.

2. Kilometer 149 dikhususkan untuk kendaraan golongan I non-bus

KM 149 Gedebage Kembali Dibuka, Ema Sumarna Wanti-wanti KemacetanIlustrasi kemacetan (IDN Times/Mardya Shakti)

JMT selaku pengelola Ruas Tol Padaleunyi memastikan kilometer 149 di Gedebage dibuka mulai 19 Agustus 2023 pukul 07.00 - 17.00 WIB. Adapun yang berhak menggunakan kilometer 149 yaitu kendaraan golongan 1 non-bus.

Pengoperasian sementara ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan, juga sebagai tambahan alternatif akses menuju destinasi populer di Jawa Barat, seperti Masjid Raya Al-Jabbar dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Selama pengoperasian sementara ini, Jasa Marga akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk terus mendukung pemenuhan kelayakan operasional jalan akses km 149 tersebut sebelum nantinya diserah-terimakan oleh Kementerian PUPR kepada Jasa Marga untuk dapat beroperasi secara penuh.

3. Kilometer 149 sempat dibuka untuk hari raya Idul Fitri

KM 149 Gedebage Kembali Dibuka, Ema Sumarna Wanti-wanti KemacetanMasjid Terapung Gedebage (instagram.com/ariswbr)

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kondisi fisik dan kendaraan prima, kecukupan saldo uang elektronik, serta waktu dan arah perjalanan untuk mengantisipasi kepadatan.

Tetap berhati-hati selama berkendara, patuhi batas kecepatan berkendara di jalan tol, hubungi call center 24 jam Jasa Marga di 14080 atau melalui aplikasi Travoy untuk melakukan pembaharuan informasi lalu lintas di jalan tol.

Sebelumnya, untuk memperlancar arus mudik, PT Jasamarga membuka exit tol KM 149 Gedebage pada April 2023 lalu sebagai upaya antisipasi peningkatan volume lalu lintas di gerbang tol Cileunyi selama musim mudik ataupun arus balik lebaran 2023.

Baca Juga: IKATSI Dorong Pemerintah Jadikan Gedebage Destinasi Tekstil

Baca Juga: Polisi Buru Pedagang di Cimol Gedebage yang Ancam Pembeli Pakai Sajam

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya