Kilang Minyak Balongan Kebakaran, Polisi Menduga karena Tangki Bocor

Asal api masih belum diketahui secara pasti

Bandung, IDN Times - Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, kebakaran dan meledak Senin (29/3/2021) dini hari. Polda Jabar menemukan sejumlah fakta sementara penyebab meledaknya kilang minyak milik perusahaan pelat merah tersebut.

Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri mengatakan, saat ini polisi tengah membantu melakukan relokasi warga yang terdampak di lokasi kejadian. Adapun sejumlah keterangan sementara dari penyebab ledakan ini sudah didapatkan.

"Ada rembusan atau bocoran informasi awal itu jadi ada di tangki itu, ini info awal selebihnya nanti karena kemarin ada petir yang cukup besar dan macem-macam lah," ujar Dofiri berdasarkan keterangan resmi, Senin (29/3/2021).

1. Saat ini pemadam masih dilakukan

Kilang Minyak Balongan Kebakaran, Polisi Menduga karena Tangki BocorHelicopter view Kilang PT Pertamina yang ada di Balongan, Indramayu, Jawa Barat (Tangkapan layar Google Map)

Jajaran Polda Jabar sudah datang langsung meninjau lokasi kebakaran bersama Pemkab Indramayu. Untuk kondisi saat ini, Dofiri menuturkan, kobaran api sudah mulai berkurang dibandingkan kemarin malam.

"Nanti kita isolasi jangan sampai ke tangki minyak yang lain. Jadi sekarang menunggu, apabila api meredup kemudian langsung dilakukan pemadaman," ucapnya.

2. Tempat pengungsian sudah disediakan

Kilang Minyak Balongan Kebakaran, Polisi Menduga karena Tangki BocorApi membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Kemudian, penanganan masalah kebakaran ada bantuan dari Pertamina Cilacap dan Jakarta. Dofiri berharap agar api cepat meredup sehingga pencarian penyebab kebakaran bisa langsung dilakukan oleh polisi.

"Saya minta Kapolres untuk mengamanakan warga yang terdampak jadi pengungsian juga ada masyarakat diharapkan tenang," katanya.

3. Warga terdampak saat ini sedang ditangani

Kilang Minyak Balongan Kebakaran, Polisi Menduga karena Tangki BocorWarga menyaksikan kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Dalam kejadian ini belum diketahui apakah ada korban meninggal dunia. Sementara, banyak warga yang terdampak dan kini sementara dipindahkan sampai situasi kondisi di lokasi aman.

"Korban kurang lebihnya 23 orang dan lima orang yang parah, ini dari warga yang melintas di jalan," kata dia.

Baca Juga: Diduga Tersambar Petir, Kilang Minyak Balongan Indramayu Terbakar

Baca Juga: [BREAKING] Indramayu Diselimuti Asap Akibat Kebakaran Kilang Balongan

Baca Juga: Kilang Minyak Balongan Terbakar, Emil: 500 Warga Sudah Mengungsi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya