Kilang Minyak Balongan Terbakar, Emil: 500 Warga Sudah Mengungsi

Emil perintahkan evakuasi warga terus dilakukan

Bandung, IDN Times - Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, meledak Senin (29/3/2021) dini hari. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah menginstruksikan agar masyarakat yang berada di sekitar lokasi kejadian diungsikan dengan protokol kesehatan COVID-19.

"Kami perintahkan agar evakuasi terus dilakukan, memindahkan warga ke tempat yang aman," tulis Ridwan Kamil melalui media sosialnya, Senin (29/3/3021).

1. Emil berharap agar penanganan berjalan lancar

Kilang Minyak Balongan Terbakar, Emil: 500 Warga Sudah MengungsiHelicopter view Kilang PT Pertamina yang ada di Balongan, Indramayu, Jawa Barat (Tangkapan layar Google Map)

Sampai saat ini penyebab pasti kebakaran dari kilang minyak Balongan Indramayu masih belum diketahui secara pasti. Emil menegaskan, saat ini sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat.

"Mohon doa agar upaya pemadaman lancar dan masyarakat Indramayu khususnya warga sekitar juga aman," ucap dia.

2. Ada beberapa dugaan penyebab terjadinya ledakan

Kilang Minyak Balongan Terbakar, Emil: 500 Warga Sudah MengungsiApi membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Sementara, Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri mengatakan, saat ini polisi tengah membantu melakukan relokasi warga yang terdampak di lokasi kejadian. Adapun sejumlah keterangan sementara dari penyebab ledakan ini sudah didapatkan.

"Ada rembesan atau bocoran informasi awal itu jadi ada di tangki itu, ini info awal selebihnya nanti, karena kemarin ada petir yang cukup besar dan macem-macam lah," ujar Dofiri berdasarkan keterangan resmi, Senin (29/3/2021).

3. Polda sudah meminta Kapolres Indramayu untuk melakukan penyelamatan warga

Kilang Minyak Balongan Terbakar, Emil: 500 Warga Sudah MengungsiWarga menyaksikan kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Jajaran Polda Jabar sudah datang langsung meninjau lokasi kebakaran bersama Pemkab Indramayu. Untuk kondisi saat ini, Dofiri menuturkan, kobaran api sudah mulai berkurang dibandingkan kemarin malam.

Kemudian, penanganan masalah kebakaran ada bantuan dari Pertamina Cilacap dan Jakarta. Dofiri berharap agar api cepat meredup sehingga pencarian penyebab kebakaran bisa langsung dilakukan oleh polisi.

"Saya minta Kapolres untuk mengamanakan warga yang terdampak jadi pengungsian juga ada masyarakat diharapkan tenang," katanya.

Baca Juga: [BREAKING] Kilang Pertamina Balongan Indramayu Terbakar

Baca Juga: [BREAKING] Indramayu Diselimuti Asap Akibat Kebakaran Kilang Balongan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya