Kebakaran TPA Sarimukti Jadi Tugas Utama Bey Machmudin

Bey juga harus kerjakan RPD yang telah disusun Ridwan Kamil

Bandung, IDN Times - Bey Triadi Machmudin akan dilantik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi Penjabat atau Pj Gubernur Jawa Barat pada Rabu (5/9/2023). Mantan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden itu akan langsung bekerja menggantikan Gubernur Ridwan Kamil.

Pelaksana harian atau Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, ada beberapa tugas yang paling menonjol untuk Pj Gubernur. Salah satunya soal penanganan kebakaran sampah di TPA Sarimukti yang membuat status Bandung Raya darurat sampah.

"Tugas paling menonjol ada pemulusan jalan, kita selesaikan lagi. kemudian masalah sampah (di TPA Sarimukti)," ujar Setiawan, Selasa (4/9/2023).

1. Pemprov Jabar kini sudah membuka TPA sementara di Sarimukti

Kebakaran TPA Sarimukti Jadi Tugas Utama Bey MachmudinKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Menurutnya, problema sampah ini akan menjadi tugas paling menonjol Pj Gubernur Jawa Barat. Adapun kondisi TPA Sarimukti sendiri kini masih dilakukan pemadaman dari beberapa titik sumber api. Pemprov Jabar juga kini sudah membuka TPA darurat di sekitar lokasi kebakaran.

"Kemarin ini kan sampah yang tidak bisa dikirim, kami buka zona satu sampai empat. Tapi ini juga ada beberapa syarat yang harus ditempuh oleh Bandung Raya. Salah satunya sampah harus bisa dipilah 40-50 persen," ungkapnya.

2. Zona sementara ini dipastikan aman dari kobaran api

Kebakaran TPA Sarimukti Jadi Tugas Utama Bey MachmudinKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Setiawan memastikan, TPA sementara yang telah disediakan Pemprov Jawa Barat ini sangat aman dari titik kobaran api. Sehingga sampah yang akan dibuang dari kabupaten dan kota di Bandung Raya tidak akan terbakar.

"Itu zona satu sampai empat ini lahan aman, ini bisa kami gunakan. Namun ini tetap ada pembatasan, kami hitung sampai TPPAS Legok Nangka beroperasi. Tahun 2024 akhir beroperasi," kata dia.

3. Tidak hanya sampah Bey diminta selesaikan RPD

Kebakaran TPA Sarimukti Jadi Tugas Utama Bey MachmudinSekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja. (Dok. Pemprov Jabar)

Setiawan menambahkan, selain soal penanganan sampah dan kebakaran di TPA Sarimukti, Pj Gubernur Jawa Barat juga akan diminta ngerjakan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) yang telah disusun masa Gubernur Ridwan Kamil.

"Pj akan melakukan yang sudah ada dalam blue print dari RPD yang sudah disusun saat ini. Prinsipnya tidak ada kegiatan baru. Kami hanya menyelesaikan kegiatan yang belum tuntas di periode ini," kata dia.

Baca Juga: TPA Sementara di Sarimukti Belum Bisa Tampung Banyak Sampah

Baca Juga: Masih Status Darurat, TPA Sarimukti Direncanakan Kembali Dibuka

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya