KCIC Pasang Box Girder, Polisi Buka-tutup Jalan Kopo Malam Ini

Buka tutup jalan hanya diterapkan malam ini

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan Kota Bandung akan melakukan buka tutup Jalan Kopo perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Senin (12/10/2020) dini hari. Buka-tutup dilakukan lantaran akan ada pemasangan box girder (struktur jembatan) Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan, rencananya Dishub akan melakukan buka tutup pada pukul 00.00 WIB sampai 05.00 WIB.

"Penutupan bersama Dishub Provinsi Jawa Barat, Dishub Kabupaten Bandung, Polrestabes Bandung, Polresta Bandung dan Polda Jabar," ujar Asep saat dihubungi, Minggu (11/10/2020).

1. Buka tutup diterapkan pada malam hari

KCIC Pasang Box Girder, Polisi Buka-tutup Jalan Kopo Malam IniDok. IDN Times/Humas PT KCIC

Ia menuturkan, Dishub Kota Bandung tidak sendiri dalam melakukan buka tutup ini, menurutnya. Beberapa instansi terkait lainnya akan membantu jalannya pemasangan box hirder KCJB.

"Itukan posisinya ada di perbatasan, jadi melibatkannya petugas gabungan. Pemasangan girder dimulai tengah malam dari jam 12, kita gelar pasukan, rencananya sampai jam lima," ungkapnya.

2. Buka tutup jalan tidak akan memakan waktu lama

KCIC Pasang Box Girder, Polisi Buka-tutup Jalan Kopo Malam IniDok. IDN Times/Istimewa

Adapun batas waktu buka-tutup jalan itu dilakukan tidak dalam jangka wakt lama. Menurutnya, skema lalu lintas itu diberlakukan hanya sebentar dan tidak sampai berhari-hari. Selain itu, buka tutup jalan diyakini tidak akan mengganggu arus lalu lintas secara signifikan.

"Buka tutup hanya sebentar kok, cuma 15 menit. Saat naikkin saja (girder-nya), tertahan bentar, cuman nempelin girder saja," ungkapnya.

3. Sekitar Jalan Kopo akan terkena dampak

KCIC Pasang Box Girder, Polisi Buka-tutup Jalan Kopo Malam IniIDN Times/Hana Adi Perdana

Kemudian, dampak dari buka tutup jalan ini akan mengakibatkan penumpukan kendaraan di Jalan Raya Kopo-Soreang dan di perlintasan jalan tol juga ikut terdampak.

"Di bawah dan di tol juga akan kenda damlak, kan di atas tol (pemasangannya). Jadi ada dua, yang satu di tolnya dan satu di Kopo-nya, di kawasan Miko Mal," katanya.

"Karena di sana ada crossing terus di bawah ada jalan tol. Kalau nanti kan di pinggir-pinggir jalan tol," tambahnya.

4. Masyarakat diminta ikuti aturan petugas

KCIC Pasang Box Girder, Polisi Buka-tutup Jalan Kopo Malam IniIDN Times/Bagus F

Ia menambahkan, untuk masyarakat yang hendak melewati wilayah Jalan Kopo dan sekitarnya ada baiknya mengikuti seluruh aturan yang diberikan pada petugas. Ia menegaskan buka-tutup jalan hanya dilakukan malam ini.

"Ya, imbauannya agar semua pengguna jalan mematuhi perintah petugas di lapangan dan patuhi rambu-rambu lalu lintas," katanya.

Baca Juga: 182 Hektare Lahan Pertanian di KBB Tercemar Limbah Proyek KCIC

Baca Juga: Terseret Tronton KCIC di Cimahi, Pengendara Motor Tewas 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya