Jika Rizieq Shihab Positif Corona, Bima Arya Tak Akan Pilih Kasih

Hasil swab test Rizieq Shihab masih belum diketahui

Bogor, IDN Times - Pemerintah Kota Bogor mengaku tidak akan memberikan hak spesial pada Rizieq Shihab soal penanganan virus corona (COVID-19). Hasil swab test tetap akan diumumkan oleh pihak Rumah Sakit (RS) UMMI.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyatakan, sampai saat ini RS UMMI belum menyampaikan hasil swab test corona pada satgas COVID-19 Kota Bogor. Menurutnya, hal ini masih dalam koordinasi pihak RS dengan keluarga Rizieq Shihab.

1. Jika hasil positif penanganan akan disesuaikan dengan aturan

Jika Rizieq Shihab Positif Corona, Bima Arya Tak Akan Pilih KasihGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau Stasiun Bogor, Senin (15/6) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Ia menjelaskan, apa pun nanti hasil tes swab Rizieq Shihab, penanganan akan disesuaikan dengan aturan. Namun, ia masih menunggu dulu hasil tes swab resmi dari RS UMMI.

"Saya kira tidak ingin mendahului apa yang terjadi. Apabila hasil tidak sesuai yang diharapkan, penanganan akan disesuai aturan berlaku," ujar Arya melalui YouTube pribadinya, Minggu (29/11/2020).

2. Polda Jabar akan panggil Manajemen RS UMMI dan Rizieq Shihab

Jika Rizieq Shihab Positif Corona, Bima Arya Tak Akan Pilih KasihSuasana penjemputan Rizieq Shihab di sekitar bandara Soekarno-Hatta (Front TV)

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar, Komisaris Besar Polisi Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, Polda Jabar akan melakukan pemanggilan pada Rizieq Shihab dan pihak RS UMMI untuk mengonfirmasi hal ini.

Ia menjelaskan, pemanggilan Rizieq Shihab masih dalam rencana. Saat ini polisi baru akan memanggil sejumlah pihak dari RS UMMI yang dianggap menghalangi Satgas COVID-19 Kota Bogor untuk meminta hasil swab Rizieq Shihab.

"Kemungkinan pekan depan, karena baru kemarin lapornya. Sementara penyidik dari Polresta Bogor itu akan memanggil untuk klarifikasi dulu," ujar Erdi.

3. Polisi akan tetap proses laporan satgas COVID-19 Bogor

Jika Rizieq Shihab Positif Corona, Bima Arya Tak Akan Pilih Kasih(Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi A Chaniago) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Menurutnya, kasus ini masih belum dipastikan akan ditangani langsung oleh Polresta Bogor atau diambil alih Polda Jabar. Akan tetapi, Erdi memastikan kasus ini akan tetap diproses.

"Ini masih didalami oleh penyidik, karena laporan dari satgas COVID-19 Bogor, kita masih dalami kebenarannya," ungkapnya.

4. Polda minta RS UMMI berikan keterangan langsung pada polisi

Jika Rizieq Shihab Positif Corona, Bima Arya Tak Akan Pilih KasihKabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi Adrimulan Chaniago. (IDN Times/Bagus F)

Meski demikian, ia tidak mengelak bahwa kabar dugaan kaburnya Rizieq Shihab benar adanya. Hal itu juga berdasarkan laporan langsung satgas COVID-19 Kota Bogor pada pihak kepolisian.

"Ada kewajiban dari RS itu harus melapor, menyampaikan bahwa ada pasien-pasien, sehingga itu harus dicek kembali bagaimana penanganan pasien RS itu," tuturnya.

Baca Juga: Diduga Kabur dari RS UMMI Bogor, Rizieq Shihab Dipanggil Polisi?

Baca Juga: Batal Tes Swab Rizieq Shihab, Satgas Polisikan Dirut RS UMMI

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya