Diduga Kabur dari RS UMMI Bogor, Rizieq Shihab Dipanggil Polisi?

RS UMMI akan dimintai klarifikasi soal Rizieq Shihab

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat berencana akan memanggil Rizieq Shihab untuk memberikan penjelasan terkait kasus pimpinan FPI itu yang diduga kabur dari Rumah Sakit (RS) UMMI, Kota Bogor, setelah menjalani swab test pada Sabtu (28/11/2020).

Kabar pemanggilan ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jabar, Komisaris Besar Polisi Erdi Adrimulan Chaniago saat ditemui awak media di Bandung, Minggu (29/11/2020).

1. RS UMMI dinilai turut membantu kaburnya Rizieq Shihab

Diduga Kabur dari RS UMMI Bogor, Rizieq Shihab Dipanggil Polisi?Pimpinan FPI Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Ia menjelaskan, pemanggilan Rizieq Shihab masih dalam rencana. Saat ini polisi baru akan memanggil sejumlah pihak dari RS UMMI yang dianggap sudah menghalangi Satgas COVID-19 Kota Bogor untuk meminta hasil swab Rizieq Shihab.

"Kemungkinan pekan depan, karena baru kemarin lapornya. Sementara penyidik dari Polresta Bogor itu akan memanggil untuk klarifikasi dahulu," ujar Erdi.

2. Kasus ini akan tetap diproses polisi

Diduga Kabur dari RS UMMI Bogor, Rizieq Shihab Dipanggil Polisi?Rizieq Shihab tengah dijenguk anak dan menantunya di RS UMMI Bogor (Video FPI)

Menurutnya, kasus ini masih belum dipastikan akan ditangani langsung oleh Polresta Bogor atau diambil alih Polda Jabar. Akan tetapi, Erdi memastikan kasus ini akan tetap diproses.

"Ini masih didalami oleh penyidik. Karena laporan dari satgas COVID-19 Bogor, kita masih dalami kebenarannya," ungkapnya.

3. Rizieq Shihab wajib menyampaikan hasil swab test

Diduga Kabur dari RS UMMI Bogor, Rizieq Shihab Dipanggil Polisi?Ilustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Fauzan)

Meski demikian, ia tidak mengelak bahwa kabar kaburnya Rizieq Shihab benar adanya. Hal itu juga berdasarkan laporan langsung satgas COVID-19 Kota Bogor pada pihak kepolisian.

"Ada kewajiban dari RS itu harus melapor, menyampaikan bahwa ada pasien-pasien, sehingga itu harus dicek kembali soal bagaimana penanganan pasien RS itu," tuturnya.

4. Wakil Sekretaris Umum FPI sebut Rizieq Shihab dalam kondisi sehat

Diduga Kabur dari RS UMMI Bogor, Rizieq Shihab Dipanggil Polisi?Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Umum FPI, Aziz Yanuar membantah kabar yang menyebut Rizieq Shihab kabur dari RS UMMI, Bogor. Ia bahkan menyebut orang yang mengatakan Rizieq kabur memiliki keterbelakangan mental dan sakit jiwa.

Aziz mengatakan, Rizieq telah meninggalkan Rumah Sakit UMMI, Bogor, sejak Sabtu malam, 28 November 2020. Ia juga memastikan saat meninggalkan RS UMMI Rizieq dalam kondisi sehat.

"Kondisi (Rizieq) sehat dan bugar, Alhamdulillah," ucapnya.

Baca Juga: Rizieq Shihab Kabur dari RS UMMI? Ini Kata Polda Jabar

Baca Juga: Rizieq Shihab Minta Hasil Swab Tak Dipublikasikan, Ini Jawaban Satgas

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya