Rizieq Shihab Kabur dari RS UMMI? Ini Kata Polda Jabar

Gugus Tugas COVID-19 Bogor laporkan kejadian ini ke Polisi

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memberikan tanggapan terkait kabar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang kabur dari RS UMMI Kota Bogor, Jawa Barat. Sabtu (28/11/2020) pukul 20.50 WIB.

Rizieq Shihab kabur lantaran diduga tidak memberikan kabar hasil swab test yang sebelumnya sudah dilakukan oleh dokter di RS UMMI. Atas aksinya itu, ia dilaporkan dengan nomor LP/650/XI/2020/JBR/POLRESTA BOGOR KOTA. Adapun pasal yang disangkakan yakni Pasal 14 Ayat 1, 2 UU Nomor 4 Tahun 1984.

1. RS UMMI diduga menghalangi kerja Gugus Tugas COVID-19 Bogor

Rizieq Shihab Kabur dari RS UMMI? Ini Kata Polda JabarSimpatisan menyambut kedatangan pimpinan FPI Rizieq Shihab di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (10/11/2020) (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Kabid Humas Polda Jabar, Komisaris Besar Polisi Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, dari kejadian ini polisi mendapatkan laporan dari Gugus Tugas COVID-19 Kota Bogor. Setelah mendapat laporan, kepolisian berencana langsung melakukan penyelidikan.

"Penyidik akan melakukan penyelidikan terkait masalah benar atau tidaknya Satgas COVID-19 di Kota Bogor itu, mendeteksi pasien corona dihalang-halangi," ujar Erdi saat ditemui di Bandung, Minggu (29/11/2020).

2. Polisi akan periksa pihak terkait kasus RS UMMI

Rizieq Shihab Kabur dari RS UMMI? Ini Kata Polda JabarPimpinan FPI Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Polisi akan memanggil dan memintai keterangan dari sejumlah saksi yang dianggap mengetahui kasus tersebut. Besar kemungkinan, saksi yang didatangkan memiliki kaitan dengan manajemen RS UMMI. Namun, Erdi mengaku akan tetap melihat dan meneliti terlebih dahulu kejadian ini.

"Ada kewajiban dari RS itu harus melapor, menyampaikan bahwa ada pasien-pasien, sehingga itu harus dicek kembali, bagaimana penanganan pasien RS itu," ungkapnya.

3. Dokter RS UMMI juga akan diperiksa polisi

Rizieq Shihab Kabur dari RS UMMI? Ini Kata Polda JabarRizieq Shihab tengah dijenguk anak dan menantunya di RS UMMI Bogor (Video FPI)

Ia menerangkan, pemeriksaan juga akan dilakukan pada dokter-dokter yang sudah melakukan penanganan swab test dan perawatan pada Rizieq Shihab. Kegiatan itu rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat oleh penyidik.

"Satgas corona Bogor nantinya juga akan membantu membuktikan siapa dokter yang merawatnya (Rizieq Shihab). Apakah dia tersertifikasi, lalu hasil uji labnya itu dikirimkan ke lab mana? Nah ini yang dikaji sama Dinkes Bogor," tuturnya.

4. FPI sebut Rizieq Shihab dalam kondisi sehat

Rizieq Shihab Kabur dari RS UMMI? Ini Kata Polda JabarPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Umum FPI, Aziz Yanuar membantah kabar yang menyebut Rizieq Shihab kabur dari RS UMMI, Bogor. Ia bahkan menyebut orang yang mengatakan Rizieq kabur memiliki keterbelakangan mental dan sakit jiwa.

Aziz mengatakan, Rizieq telah meninggalkan Rumah Sakit UMMI, Bogor, sejak Sabtu malam, 28 November 2020. Ia juga memastikan saat meninggalkan RS UMMI Rizieq dalam kondisi sehat.

"Kondisi sehat dan bugar, Alhamdulillah," ucapnya.

Baca Juga: Batal Tes Swab Rizieq Shihab, Satgas Polisikan Dirut RS UMMI

Baca Juga: MER-C: Bima Arya Intervensi Perawatan Rizieq Shihab, Meresahkan Warga

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya