Jangan Bingung, Ini Jadwal Lengkap PPDB TK, SD, SMP Kota Bandung

PPDB Kota Bandung dimulai 24 Mei 2021

Bandung, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung akan menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada 24 Mei 2021. Orangtua calon siswa taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) diminta segera mempersiapkan berkas persyaratan.

Cucu Saputra, Sekretaris Disdik Kota Bandung mengatakan, PPDB di wilayahnya akan berjalan sampai sampai 11 Juni 2021. Proses pelaksanaan berjalan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

"PPDB tahun ini dilakukan secara daring dan bisa dibantu oleh guru apabila orangtua siswa mengalami kesulitan," ujar Cucu di Balai Kota Bandung, Kamis (20/5/2021).

1. Orang tua harus sering berkoordinasi dengan siswa

Jangan Bingung, Ini Jadwal Lengkap PPDB TK, SD, SMP Kota BandungIlustrasi PPDB.ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Faktanya, tidak semua orangtua murid memahami pendaftaran melalui gawai. Hal itu membuat orangtua mesti banyak berkoordinasi dengan anak. Guru juga akan membantu orang tua murid semaksimal mungkin.

"Sekolah harus sudah terbangun komunikasinya dengan orangtua selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Setidaknya, wali kelas sudah memliki data dan informasi siswanya untuk melakukan pendataan," ungkapnya.

2. Data siswa sudah dalam bentuk digital

Jangan Bingung, Ini Jadwal Lengkap PPDB TK, SD, SMP Kota BandungSiswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Kendala yang akan ditemukan nantinya akan diminimalisir sedemikian mungkin. Disdik akan terus melakukan edukasi pada orangtua siswa-siswi agar tetap melakukan PPDB secara daring, tidak manual.

"Data yang diberikan orangtua siswa itu dalam bentuk digital, bukan berkas yang harus diserahkan dengan datang langsung ke sekolah," ucapnya.

3. Masyarakat jangan takut tidak bisa daftar PPDB

Jangan Bingung, Ini Jadwal Lengkap PPDB TK, SD, SMP Kota Bandung(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Setelah malaui pendataan secara secara daring, orangtua bisa langsung masuk pada jalur afirmasi dan prestasi pada 14 Juni 2021 hingga 18 Juni 2021. Waktu pengisian data diri dinilai sangat panjang, sehingga Cucu meminta masyarakat jangan terlalu khawatir.

"Masyarakat kadang suka salah paham, pengisian data diri itu belum pendaftaran. Jangan sampai salah (persepsi)," katanya.

4. Pendaftaran jalur zonasi digelar pada 28 Juni hingga 2 Juli 2021

Jangan Bingung, Ini Jadwal Lengkap PPDB TK, SD, SMP Kota BandungANTARA FOTO/Heru Salim

Disdik Kota Bandung akan mengumumkan hasil jalur afirmasi dan prestasi pada 24 Juni 2021 dan daftar ulang pada 25-26 Juni 2021. Setelah itu, siswa dapat mendaftarkan diri untuk jalur zonasi.

"Pendaftaran untuk jalur zonasi dan perpindahan orangtua dimulai sejak 28 Juni 2021 hingga 2 Juli 2021. Kemudian hasilnya akan diumumkan pada 7 Juli 2021, dan daftar ulang pada 8-9 Juli 2021," kata dia.

Baca Juga: Usai Libur Lebaran, Pemkot Bandung Gencarkan Pelacakan Kontak Erat

Baca Juga: Pemkot Bandung Klaim Belum Ada Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya