Jadi Kandidat Pilwalkot 2024, Budi Dalton: Saya Masih Dipercaya Warga

Nama Budi Dalton masuk 5 besar Bacalon Walkot Bandung 2024

Bandung, IDN Times - Lembaga Survei Indonesia Politics Research & Consulting (IPRC) baru-baru ini merilis sejumlah sosok kandidat Calon Wali Kota (Cawalkot) Bandung di Pilwalkot 2024. Dari hasil survei ini, nama Budi Dalton masuk lima besar yang banyak dipilih warga.

Budi Dalton sendiri merupakan sosok budayawan yang memiliki perhatian dalam budaya Sunda. Menanggapi hasil survei ini, Budi mengatakan bahwa masyarakat Kota Bandung masih memercayai dirinya.

"Tetapi kalau pertanyaannya kepada saya, ya balik lagi ya terima kasih kepada masyarakat Kota Bandung yang masih percaya terhadap nama saya tiba-tiba menjadi salah satu nama ada di dalam survei," ujar Budi pada awak media di Bandung, Sabtu (10/9/2022).

1. Budi Dalton pernah menjadi bacalon di Pilwalkot Bandung 2012

Jadi Kandidat Pilwalkot 2024, Budi Dalton: Saya Masih Dipercaya WargaIDN Times/Galih Persiana

Menjadi kandidat Cawalkot Bandung bukan hal yang baru. Budi menjelaskan, pada 2012 ia sempat maju menjadi calon wali kota, meski hal itu merupakan dorongan dari masyarakat.

"Saat itu ada teman-teman yang kurang puas dengan birokrasi, partai atau apapun. Sehingga saya didorong sebagai salah satu calon saat itu, walaupun sayanya sedang di Belanda," ungkapnya.

2. Budi Dalton berterima kasih pada warga Bandung

Jadi Kandidat Pilwalkot 2024, Budi Dalton: Saya Masih Dipercaya WargaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Dengan survei terbaru ini, Budi cukup merasa kaget lantaran dirinya masuk dalam survei lima besar. Hal ini juga ia rasa berbeda dengan tahun sebelumnya di mana proses verifikasi dan lain-lain diurus oleh teman-teman pendukungnya.

"Kalau ditanya, ‘Kang Budi niat teu?’ (niat gak maju Pilwalkot?), ah henteun abdi mah, nuhun we (enggak saya, terima kasih saja). Terima kasih kepada masyarakat Bandung," ucapnya.

3. Budi Dalton masuk urutan ke empat calon wali kota Bandung

Jadi Kandidat Pilwalkot 2024, Budi Dalton: Saya Masih Dipercaya WargaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk diketahui, IPRC merilis hasil survei lima nama dengan elektabilitas tinggi sebagai calon wali kota Bandung 2024. Lima besar dari survei itu ada Atalia Praratya (18,8 persen), Yana Mulyana (18 persen), M Farhan (5 persen), Budi Dalton (2,9 persen), dan Raffi Ahmad (2,2 persen).

Sementara itu, Atalia merasa kaget akan hasil survey ini. Istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini belum mau berbicara jauh, dan mengaku akan berdiskusi dulu dengan keluarganya.

"Justru saya juga baru tahu ya. Tentu yang pertama kaget dulu, dan mengucapkan terima kasih. Menurut saya ini sebuah penghargaan kepercayaan dari masyarakat hal yang luar biasa," ujar Atalia, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga: Raffi Ahmad Berpotensi Menang Jika Nyalon Pilwalkot Bandung 2024

Baca Juga: Bela Yana-Ema, Oded: Mereka Bukan Cari Panggung Politik di Pilwalkot

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya